Spa merupakan singkatan dari “solus per aqua”, yang artinya terapi air. Dalam perkembangannya, spa menjadi suatu tempat kecantikan, perawatan tubuh, kesehatan, kebugaran dan kenyamanan. Bahkan saat ini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban.

The Andaru Anti Aging Clinic and Spa (www.theandaruspa.com) resmi menjadi bagian dari fasilitas Tanjung Lesung Resort, bersamaan dengan event pembukaan Festival Tanjung Lesung 2017, pada 22  September lalu.

Indonesia Press Photo/Dadang Tri

The Andaru Spa berbasis budaya Indonesia, didirikan oleh Annie Savitri, mengangkat perawatan tradisional kesehatan dan kecantikan kulit tradisional dari berbagai kebudayaan daerah di Indonesia.

Indonesia memiliki tradisi perawatan tubuh dan kecantikan untuk wanita dan pria. Dari banyaknya perawatan kecantikan dan kesehatan yang berdasarkan tradisi di Indonesia yang berasal dari berbagai macam daerah seperti Bali, Jawa, Kalimantan, Sumatera. Dalam perkembangannya, perawatan kesehatan dan kecantikan secara holistik tidak saja digemari di Indonesia namun di seluruh dunia. Khususnya mereka yang ingin tetap bugar serta memiliki penampilan yang prima dan awet muda.

Indonesia Press Photo/Dadang Tri

Perkembangan ilmu kedokteran dan bio teknologi saat ini telah menemukan suatu terapi yang terbukti dapat memperpanjang umur dan serta memperlambat penuaan.  Lebih dari 2000 publikasi atas penelitian dan percobaan laboratorium, cell therapy terbukti secara klinis dapat meregenerasi sel tubuh yang sudah mati, meremajakan, dan bahkan dapat mengobati suatu penyakit.

“Andaru” adalah wahyu atau berkah yang dikaruniakan oleh Tuhan YME, yang akan memberikan kekuatan perawatan kecantikan Indonesia menjadi perawatan Spa internasional yang sangat diminati di dunia Internasional. The Andaru Spa memiliki variasi perawatan spa Indonesia baik untuk wanita maupun pria yang menggunakan rempah organik alami untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. “Filosofi perawatan terpadu antara keseimbangan jiwa, raga dan sukma menjadi nafas dari semangat untuk hidup lebih panjang, sehat dan awet muda,” ujar Annie Savitri.

Adalah Annie Savitri, Diana Pungky dan Levita Ginting Supit yang berkolaborasi mendirikan The Andaru Anti Aging dan Spa di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada 13 Juli 2011.

Pada Oktober 2013 mereka membuka cabang pertamanya dengan nama Anindya Resort Spa, serta memperkenalkan Indonesia Heritage Spa di mana treatment-treatment-nya mewakili pulau-pulau seluruh Indonesia mulai dari Jawa, Bali, Sumatra, dan Kalimantan yang terletak di Nirwana Resort, Kepulauan Bintan. Kekuatan Andaru dan Anindya Spa adalah penggunakan bahan-bahan rempah tradisional yang diproduksi sendiri.

Mei 2016, Andaru juga mengembangkan diri ke daerah Cirebon dengan brand Andaru Anti Aging Clinic & Spa yang terletak di RUKO Gold Sunset No. 17 Kawasan Bisnis Cirebon Super Blok Jl. Cipto Mangunkusumo No. 26 Kesambi, kota Cirebon dengan konsep yang sama seperti di Jakarta.

Indonesia Press Photo/Dadang Tri

Jenis perawatan spa yang ditawarkan The Andaru meliputi perawatan dari daerah Bali, Kalimantan, dan Jawa. Dengan variasi berkisar 30 jenis spa perawatan untuk bayi, anak pada masa pubertas dan remaja, persiapan pengantin, masa perkawinan, perawatan sebelum melahirkan, perawatan setelah melahirkan dan masa menopause.  Seperti Savitri Herbal thermal Massage, Savitri seven flower ritual treatment, dan Exotic Ratus menjadi signature treatment di AAACS.

Sejak 2015, Andaru group  didukung oleh Andaru Academy sebagai divisi training centre yang dipimpin oleh drg. Mia Purwandari, MM, Dipl. CIDESCO, Dipl. Spa CIBTAC. Andaru Academy mendidik dan menyiapkan tenaga terapis spa untuk memenuhi kebutuhan SDM spa yang kompeten. Saat ini, sudah menjadi kewajiban bagi industri spa untuk mempekerjakan terapis spa yg memenuhi standar kompetensi, sehingga adanya lembaga pelatihan seperti Andaru Academy sangat dibutuhkan untuk mendukung pengembangan sebuah spa.

Di malam gala dinner yang dihadiri oleh Mentri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Pandeglang Irna Nurulita sekaligus meresmikan dibukanya Festival Tanjung Lesung 2017 yang digelar di Tanjung Lesung Resort. Di kesempatan ini juga Andaru bekerja sama dengan Jababeka untuk mengembangkan Industri Spa di area Tanjung Lesung Resort yang diawali dengan penandatanganan MOU antara PT Savitri Sumitro Corpora dan PT Banten West Java sebagai pengelola Tanjung Lesung yang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Indonesia Press Photo/Dadang Tri

Dengan ikutnya Andaru Spa di dalam pengembangan Tanjung Lesung Resort ini, maka akan semakin cepat berkembang daerah-daerah yang jauh di jangkau oleh masyarakat. Dan Program pemerintah bekerja sama dengan swata bersama-sama membangun Tanjung Lesung diharapkan dapat menciptakan daerah Banten, khususnya Tanjung Lesung yang lebih baik seperti yang sudah dilakukan pemerintah terhadap daerah wisata lainnya.