Interpretasi Seni Rupa Kontemporer di dalam Kamar Hotel

- Advertisement -
- Advertisement -

#UniverseBehindTheDoors adalah pameran seni rupa yang diselenggarakan di dalam kamar hotel. Sebagai kolaborasi antara Artotel Indonesia dengan Art Dept Id, dan didukung oleh Generation-G yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mendukung seniman muda kontemporer Indonesia.

Pameran “#UniverseBehindTheDoors” ini melibatkan 27 seniman muda kontemporer Indonesia, 5 pasang host, dan akan diselenggarakan di 5 kamar hotel di Artotel Thamrin – Jakarta. Host yang berpartisipasi pada pameran ini adalah beberapa public figure dari berbagai macam profesi yang memiliki minat yang sama pada seni rupa, terdiri dari: 1) Dian Sastrowardoyo & Maulana Indraguna, artis film dan pasangannya,  2) Andien Aisyah & Ippe Wahyudi, musisi jazz dan pasangannya, 3) Adhika Maxi & Karen Carlotta, pasangan chef  pemilik Union Brasserie, 4) Leonard Theosabrata & Irene Yuliana, pendiri bengkel kreatif Indoestri dan pasangannya, dan 5) Diaz Parzada & Wilsen Willim, pengamat seni dan fashion.

Rangkaian acara pameran “#UniverseBehindTheDoors” dimulai dari  kegiatan Raffle Night, yaitu malam pengundian yang berlangsung pada Senin, 29 Agustus 2016. Raffle Night ini menjadi malam penentuan bagi lima pasang host untuk mendapatkan satu kelompok seniman yang akan bekerjasama dalam penentuan konsep dan pembuatan karya seni yang akan diletakkan di masing-masing kamar.

Setiap kelompok seniman terdiri dari 5 – 6 seniman muda yang telah diseleksi oleh kurator  Sally Texania, bersama dengan team Art Dept Id.  Dengan total 27 seniman muda yang terlibat pada pameran ini, konsep karya seni yang akan ditampilkan oleh setiap kelompok akan memiliki keunikan masing-masing, di mana karya mereka yang biasa diletakkan di galeri, kini berada di ruang pribadi berbentuk kamar hotel.

Ke-27 seniman muda kontemporer tersebut terdiri dari:  Kamar 1: Adi Dharma, Erwin Windu Pranata, Muchlis Muklay, Muhammad Vilhamy, Bayu Widodo.  Kamar 2: Diela Maharanie, Kendra Ahlmsa, Adit Sarkodit, Puji Lestari Ciptaningrum, Sarita Ibnoe, Deya Ayu. Kamar 3: Argya Dhyaksa, Antonio Sinaga, Sekarputri, Tara Astari Kasenda, R. Yuki Agriardi. Kamar 4: Yusuf Ismail, Keke Tambunan & Indra Amenk, Faisal Rahman, Narpati Arwangga, Nurrachmat Widyasena “ito”. Kamar 5: Evelyn Pritt, Zia Fauziana, Endira F Julianda, Patriot Mukmin, Iabadiou Piko, Rega Ayundya Putri.

Erastus Radjimin, CEO Artotel Indonesia mengatakan, ‘’Ide mengenai pameran ini tercetus saat saya dan Amalia Wirjono sedang berbincang disebuah galeri, kami berpikir bahwa kenapa tidak membuat sebuah pameran seni dengan melibatkan kamar hotel yang kami kelola. Adapun tema “#UniverseBehindTheDoors kami ciptakan berdasarkan konsep dari masing – masing kamar yang diintepretasi secara seni sedemikian rupa, sehingga menciptakan sebuah ‘’dunia baru’’ di balik lima pintu kamar tersebut. Anda harus masuk kedalam kamar tersebut, baru merasakan ‘’dunia’’ yang saya maksud,’’ ujarnya.

Amalia Wirjono selaku pendiri Art Dept Id menjelaskan, bahwa sebagai visi utama Art Dept Id, yaitu memperkenalkan tahap mengkoleksi benda seni secara dini, #UniverseBehindTheDoors dapat mendekatkan jarak antara karya seni dengan audiens baru. “#UniverseBehindTheDoor” akan dibuka secara resmi pada 21 Oktober 2016, sekaligus sebagai perayaan HUT ke-3 Artotel Thamrin – Jakarta. Selanjutnya, pameran ini akan dibuka untuk publik 22 Oktober hingga 20 November 2016.

- Advertisement -

Latest news

The Truth About Soy

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -