• 30 perusahaan startup terpilih akan diberikan area pameran di Pekan Teknologi GITEX (8-12 Oktober 2017)
  • Total hadiah senilai US$100.000 akan diberikan sebagai modal kepada tiga pemenang kategori Perhotelan dan Visitor Experience

Department of Tourism and Commerce Marketing (Dubai Tourism) mengumumkan kolaborasi dengan GITEX Future Stars untuk meluncurkan Dubai Tourism Startup Competition – Futurism perdana, mengundang inovator dan ide-ide brilian dari berbagai belahan dunia untuk mengirimkan ide dan rencana bisnis mereka yang akan membantu merevolusi sektor pariwisata di Dubai.

Kompetisi ini sejalan dengan inisiatif Dubai 10X yang diluncurkan dibawah kepemimpinan Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, yang memimpin transformasi Dubai untuk menjadi sebuah hub global pada bidang inovasi dalam sepuluh tahun ke depan. Hal ini juga menjadi upaya untuk mencari solusi inovatif serta memfasilitasi perkembangan ekosistem startup, sejalan dengan Dubai Tourism Vision 2020, untuk menarik 20 juta pengunjung di tahun 2020.

Berbicara mengenai kompetisi Dubai Tourism Futurism, Yousuf Lootah, Direktur Eksekutif – Tourism Development & Investments, Department of Tourism & Commerce Marketing mengatakan: “Dubai telah bertumbuh menjadi pusat bisnis di wilayah ini – dan, melalui peluncuran kompetisi Dubai Tourism Futurism perdana ini, kami bermaksud untuk terus mendorong pemikiran kritis dan menawarkan wadah bagi para startup untuk meraih sukses. Seraya kita terus bergerak untuk maju ke depan, startup memiliki peran penting, bukan hanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, tapi juga untuk menciptakan solusi dan memenuhi kebutuhan yang terus berevolusi dan mengatasi kesenjangan industri yang ada. Kami bangga dapat berkolaborasi dengan GITEX Future Stars untuk mendorong kewirausahaan ke depan, dan berkomitmen untuk membangun sebuah lingkungan yang akan membantu memupuk ide inovatif dan membawa kesuksesan.”

Kompetisi The Futurism memiliki dua kategori pilar utama – perhotelan dan visitor experience – di mana setiap individu dan startup dapat mendaftarkan ide inovatif dan rencana bisnis mereka. Setiap ide akan dinilai oleh para ahli dan 30 perusahaan terpilih akan mendapatkan ruang pameran pada GITEX Technology Week tahun ini, yang direncanakan berlangsung di Dubai pada 8-12 Oktober 2017, menawarkan wadah bagi peserta terpilih untuk menunjukkan solusi inovatif mereka kepada para undangan dari konglomerat, investor, dan penanam modal. Pada akhirnya, tiga pemenang akan dipilih dari setiap kategori dan mendapatkan akses untuk bertemu dengan para ahli Dubai Tourism, serta pemimpin industri untuk mengubah visi mereka menjadi kenyataan. Total hadiah sebesar US$ 100,000 telah dialokasikan untuk didistribusi kepada enam pemenang sebagai modal utama startup mereka.

 

“GITEX Future Starts dirancang untuk memunculkan teknologi dan inovasi kreatif ke dalam industri- industri yang ada. Kompetisi The Dubai Tourism Futurism akan menyediakan wadah bagi para startup teknologi travel untuk bergabung bersama-sama demi meningkatkan dan mengubah solusi teknologi bagi wisatawan di seluruh dunia. Dubai telah lama menjadi pemimpin dunia dalam bidang teknologi dan pariwisata, membuat kota ini menjadi lokasi ideal untuk meluncurkan kompetisi teknologi travel global yang dipastikan dapat meningkatkan cara individu berpergian dan mendukung pariwisata Dubai lebih jauh lagi,” kata Trixie LohMirmand, Wakil Presiden Senior, Events Management, Dubai World Trade Centre.

Kompetisi The Dubai Tourism Futurism diluncurkan pada acara eksklusif Breakfast Workshop yang diselenggarakan pada 31 Juli lalu di Dubai World Trade Centre. Workshop ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang dimulai oleh representatif Dubai Tourism dan para ahli industri, termasuk: Amadeus, Beco Capital, Roya, Startupbootcamp dan Astrolabs. Selain menawarkan pengetahuan mengenai tantangan dan peluang bagi startup, diskusi panel dalam workshop ini juga membahas mengenai potensi sektor travel dan pariwisata yang dalam menjadi peluang para startup untuk berinovasi.

Pendaftaran kompetisi ini telah dibuka dan diterima hingga awal September. Untuk pendaftaran secara online, silakan kunjungi www.gitexfuturists.com/compete/dubai-tourism-competition

Tentang GITEX Future Stars

GITEX Future Stars adalah asosiasi startup terbesar di Timur Tengah dan Afrika yang diikuti oleh wirausahawan teknologi global, investor internasional, dan perusahaan berpengaruh. Hal ini merupakan acara pemasaran komersil terbesar untuk startup selain GITEX Technology Week, sebuah acara tech sourcing dan networking terbesar di wilayah ini dan termasuk acara dengan partisipasi terbesar dari pemerintah dan organisasi swasta.

Tentang Dubai – Department of Tourism and Commerce Marketing (Dubai Tourism)

Dengan visi utama Dubai sebagai tujuan wisata terkemuka di dunia dan pusat komersial, misi Dubai Tourism adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan Dubai dan untuk menarik wisatawan serta investasi ke Emirat. Dubai Tourism adalah otoritas utama untuk perencanaan, pengawasan, pengembangan dan pemasaran sektor pariwisata Dubai; memasarkan dan mempromosikan sektor perdagangan Emirat; serta bertanggung jawab atas perizinan dan klasifikasi semua layanan pariwisata, termasuk hotel, operator tur dan agen perjalanan. Merek dan departemen dalam portofolio Dubai Tourism termasuk Dubai Convention and Events Bureau, Dubai Calendar, dan Dubai Festivals and Retail Establishment (sebelumnya dikenal sebagai Dubai Events and Promotions Establishment).