Mengadakan kontes berhadiah jalan-jalan ke Korea, dan aktif mencari partner untuk kerjasama dalam pembuatan konten video.

 Layanan Video on Demand dan TV Streaming berbasis aplikasi di Smartphone, TRIBE merayakan hari jadinya yang pertama pada bulan Maret ini. Selama satu tahun beroperasi di Indonesia TRIBE sudah di unduh sebanyak hampir satu juta kali, tepatnya sebanyak 850 ribu download. sebuah pencapaian yang sangat baik untuk kategori layanan yang sejenis.

 “Persaingan di pasar Video On Demand dan TV Streaming di Indonesia sangat sengit, banyak pemain yang saat ini ada di industry ini, sehingga kami sangat bersyukur dengan apa yang sudah kami capai dalam waktu yang singkat ini” Ungkap Rasyefki Sultani selaku Country Head of Tribe Indonesia.

850,000 download dalam setahun di dapatkan oleh Tribe dengan cara yang tentunya tidak mudah, “Kami sebagai pemain baru tentunya memiliki keterbatasan untuk berpromosi di media-media utama seperti media luar ruang, TV atau Koran besar, namun kami coba untuk memaksimalkan promosi yang kami lakukan di dunia digital dan social media” Sebut Rasyefki membocorkan sedikit strategi Tribe.

Selain itu di sebutkan juga, Tribe berusaha untuk menonjolkan keunikan dari productnya yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, dimana saat ini di Indonesia Tribe adalah satu-satunya layanan Video on Demand yang juga memiliki sekaligus layanan TV Streaming, dengan channel premium yang biasanya hanya bisa ditonton di TV Kabel atau TV berlangganan seperti Fox Sports, KBS, TvN, Thrill, Kix dan masih banyak lainnya.

“Ibaratnya, kalau punya Tribe itu seperti punya TV Kabel yang bisa dibawa kemana aja dan asiknya lagi kalau ketinggalan nonton langsungnya bisa nonton rekamannya di librarynya” Ungkap Iskandar Samad, Chief Executive Officer Tribe sambil berpromosi.

Konten layanan Tribe saat ini di dominasi oleh Drama dan reality show Korea, Live Sports, kartun Anime, film Asia dan Indonesia serta film Hollywood khususnya yang bergenre action dan horror. Bahkan Tribe juga sudah memproduksi dua film pendek sendiri yang di sutradarai oleh sutradara terkenal Indonesia yaitu Joko Anwar dan Angga Dwi Sasongko.

Untuk menambah kaya jenis tayangan, saat ini Tribe juga mulai aktif mencari partner atau pihak yang mau bekerjasama dalam membuat dan memproduksi konten-konten video yang menarik untuk bisa di tayangkan di Tribe.

“Kami tahu di Indonesia banyak kreator-kreator muda yang karyanya bagus-bagus, kami ingin mengajak kerjasama mereka untuk membuat tayangan yang nantinya akan kita tampilkan dan kita promosikan di Tribe” Ujar Rasyefki.

Dalam setahun beroperasi di Indonesia selain sudah di unduh satu juta kali, angka pelanggan aktif perbulannya berada dikisaran rata-rata 250,000 perbulan. Tribe memberi gratis coba selama 30 hari untuk pelanggan barunya, dan sejak awal tahun ini Tribe memberikan harga promosi berlangganan sebulan hanya 15 ribu rupiah untuk bisa mengakses semua layanannya. Biaya berlangganan bisa dengan cara potong pulsa atau lewat marketplace online seperti Elevenia yang pembayarannya bisa lewat ATM atau Indomaret.

“Mungkin bisa dibilang, kami adalah layanan TV Kabel dan Video on Demand yang memberi best value dengan biaya paling terjangkau di Indonesia, karena sepertinya belum ada layanan TV kabel yang harganya sekompetitif kami, dan bukan hanya itu layanan kami bisa di bawa-bawa dan ditonton dimana saja dan kapan saja, sudah begitu masih dapat gratis 30 hari lagi” Sambung Iskandar Samad.

Dalam rangka menyambut HUT Tribe yang pertama, TRIBE mengadakan banyak kegiatan dan bagi-bagi hadiah, diantaranya kontes Vlogger yang berhadiah jalan-jalan ke Korea, kuis HUT Tribe yang berhadiah merchandise menarik dari Tribe, dan Surprise 1 yang memberikan hadiah kejutan bagi para pengguna Tribe yang nonton di jam 1 siang. Semua kegiatan ini bisa dilihat di website www.ngetribe.com atau di Halaman Sosial media Tribe.

Dengan jumlah pengguna yang lumayan besar dan persentase jumlah pelanggan aktif yang tinggi Tribe membuka diri untuk partner ataupun pihak yang ingin menggunakan Tribe sebagai channel untuk berpromosi, “Platform Tribe sangat memungkinkan bagi pengiklan yang ingin berpromosi untuk target market tertentu misalnya produk kosmetik yang menyasar perempuan yang menyukai drama korea, atau produk olahraga yang menyasar penggemar olahraga tertentu” Tutur Iskandar, sembari menceritakan di Tribe sudah bisa diaktifkan Iklan Video Pre roll yang tayang sebelum pengguna menonton tayangan tertentu.

“Ataupun untuk klien yang ingin beriklan secara terintegrasi kita bisa bersama-sama membuat tayangan atau acara yang khusus dibikin atau dipersembahkan untuk produk tertentu” Tambah Rasyefki.

“Kami berharap, kedepannya dengan semakin pesatnya infrastruktur Internet dan semakin banyaknya orang Indonesia yang bisa mengakses Internet maka layanan Tribe akan semakin dibutuhkan sebagai alternative untuk media hiburan masyarakat,” jelas Rasyefki.

Tentang Tribe

Tribe adalah layanan Video on Demand dan TV Streaming yang berbasis aplikasi online. Saat ini Tribe beroperasi di dua Negara yaitu di Indonesia dan di Philipina. Di Indonesia Tribe pertama kali diluncurkan pada 18 Maret 2016, dan hingga saat ini sudah diunduh sebanyak 850.000 kali.