Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia. Di era modern seperti saat ini, minum kopi sudah menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat. Melihat fenomena ini, Alun Alun Indonesia bekerja sama dengan Anomali Coffee, Indonesia Coffee Academy, Printerous dan Arterous menghadirkan sebuah acara bertajuk ‘Ceritain Kopi Indonesia’ yang tujuannya tak hanya untuk lebih memperkenalkan kopi Indonesia, namun juga mengenal lebih dekat cerita di balik masing- masing kopi yang ada di negeri ini. Lebih dari pada itu, kami juga ingin memperkenalkan sebuah movement bernama Ceritain Kopi Indonesia secara lebih dalam ke tengah masyarakat.

“Ceritain Kopi Indonesia adalah sebuah movement yang digagas oleh teman-teman di Anomali Coffee. Seperti kita ketahui bersama, industri kopi meningkat jauh dalam beberapa tahun belakangan ini. Kita juga tahu bahwa kopi Indonesia adalah kopi terbaik, namun banyak dari kita yang belum mengetahui cerita di balik setiap jenis kopi yang ada di negara ini,” ucap Ryo Limijaya selaku Marketing Manager Anomali Coffee.

Dalam jumpa pers Ceritain Kopi Indonesia di Jakarta, 9 Maret 2017, menghadirkan nara sumber ahli di bidang kopi, yaitu Irvan Helmi dan Agam Abgari (Co-Founders Anomali Coffee), Eric Wirjanata (Brand Manager Arterous) dan Pincky Sudarman (CEO Alun Alun Indonesia).

Sejalan dengan visi dan misi Alun Alun Indonesia yang terus berkomitmen untuk terus menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal, Ceritain Kopi Indonesia diharapkan akan menjadi movement yang bisa menggerakan generasi masa kini atau milenial untuk lebih mencintai kopi Indonesia. “Anomali Coffee dan Alun Alun Indonesia memiliki visi yang sama, yaitu menjadi Panggung Indonesia. Kehadiran Arterous di sini juga mendukung visi kami. Kami akan terus berupaya untuk membuat nama Indonesia semakin terkenal di Indonesia dan juga kancah internasional. Arterous punya goal untuk membuat para senimannya go international, demikian pula Anomali Coffee. Kami yakin kopi Indonesia akan terus bisa go international,” ucap Ryo.

Serupa dengan pernyataan Ryo, CEO Alun Alun Indonesia menambahkan, “Alun Alun Indonesia akan selalu menjadi tempat di mana inspirasi dan kekayaan budaya kita dapat terus berevolusi dan diinovasi menjadi produk-produk yang lebih tepat dan sesuai dengan pola kehidupan masyarakat urban, tak hanya di Indonesia melainkan juga di mancanegara.”

Movement Ceritain Kopi Indonesia direalisasikan lewat merchandising, yang setiap produknya memiliki cerita unik tentang kopi. Ceritain Kopi Indonesia sudah berlangsung di Restoran Palalada by Alun Alun Indonesia sejak tanggal 3 Maret 2017 dan akan berakhir pada tanggal 14 Maret 2017. Ada kompetisi foto menarik pada kesempatan kali ini dengan hadiah berkunjung ke Gunung Halu untuk melihat kebun kopi dan memanen buah kopi bersama Anomali Coffee. Selepas acara ini, produk Anomali Coffee tetap bisa didapatkan di wahana Olah-Oleh by Alun Alun Indonesia.

Tentang Alun Alun Indonesia

Alun Alun Indonesia adalah sebuah wahana one stop shopping yang dihadirkan untuk melihat Indonesia dari dekat. Dengan tagline ‘Inspiring Innovations’, Alun Alun Indonesia merupakan tempat berbelanja yang menyediakan produk-produk kontemporer-inovatif yang terinspirasi dari kekayaan warisan budaya Indonesia. Kehadiran Alun Alun Indonesia bertujuan untuk mewadahi hasil kreasi anak bangsa sekaligus mewujudkan tempat berbelanja produk-produk asli Indonesia bagi konsumen domestik maupun luar negeri.

Tentang Anomali Coffee

Anomali Coffee adalah sebuah perusahaan sangrai kopi yang hanya menjual single origins kopi asal Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Gerai pertama dibuka pada bulan Agustus 2007. Sepanjang 10 tahun ini, Anomali Coffee sudah memiliki 7 gerai coffee shop yang tersebar di Jakarta dan Bali.