Pada 06 – 12 Oktober 2016 area Ancol dipadati dengan beragam kegiatan olimpiade dan festival olahraga rekreasi Internasional, TAFISA Games 2016 yang diikuti oleh 4.600 peserta manca negara dari 74 negara, dengan 86 pertandingan yang rinciannya 17 cabang olahraga pertandingan dan 69 pertandingan eksibisi atau festival.

TAFISA sendiri merupakan organisasi Non Governmental Organization (NGO) yang berkedudukan di Frankfurt, Jerman yang di bentuk di Bordeaux, Prancis pada September 1991. Keanggotaannya, dari 157 negara terdiri atas organisasi pemerintah, non pemerintah, federasi olahraga lokal, nasional, regional, Kementerian Olahraga dan lain-lain.

Pengunjung mencoba permainan tradisional Sunda, Bedil Jepret, pada ajang National Traditional Sports and Games Demonstration rangkaian dari The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 di Ecopark, Ancol, Jakarta, Minggu (9/10). Puluhan pertandingan, permainan, ekshibisi, dan pementasan diselenggarakan pada hari keempat perhelatan TAFISA Games 2016. Media Center TAFISA/ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/kye/16.

Pada kesempatan ini, 5 jenis olahraga yang akan dipertandingkan meliputi olahraga tradisional, petualangan, tantangan, kesehatan, dan kebugaran.

Selain itu juga acara dimeriahkan dengan kegiatan egrang yang diikuti oleh 2.600 peserta dan Zumba yang diikuti oleh 13.000 orang dan beberapa kegiatan pendukung seperti: Jalan Sehat Massal (World Walking Day), dengan jumlah peserta 30.000, di kawasan Benyamin Sueb Boulevard Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sejumlah delegasi negara peserta bersama anggota komunitas permainan tradisional menari bersama di sela-sela ajang International Traditional Sports and Games Demonstration rangkaian dari The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 di Ecopark, Ancol, Jakarta, Minggu (9/10). Puluhan pertandingan, permainan, ekshibisi, dan pementasan diselenggarakan pada hari keempat perhelatan TAFISA Games 2016. Media Center TAFISA/ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/kye/16.

Pemilihan Ancol Taman Impian sebagai lokasi kegiatan TAFISA Games 2016 dipandang serasi dengan aneka atraksi dan cabang olahraga yang dipertandingkan. Sebagai kawasan rekreasi terpadu dan terlengkap di Jakarta, Ancol siap menerima kedatangan kotingen dari berbagai Negaran untuk berkompetisi dan beratraksi. Pengunjung yang akan berwisata ke Ancol Taman Impian pada tanggal tersebut juga dapat menikmati dan menyaksikan seluruh rangkaian atraksi dan pertandingan menarik tersebut.

Kontingen Serbia berlaga pada ajang The 8th Jakarta E-Sport World Championship 2016, The 6th TAFISA World Sport for All Games, di ABC Mall, Ancol, Jakarta, Kamis (6/10). Sekitar 300 peserta dari 37 negara berlaga pada ajang E-Sport ini. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/kye/16.

“Kami sebagai pengelola Ancol Taman Impian tentu merasa sangat terhormat karena terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan TAFISA Games 2016. Memang TAFISA Games 2016 memiliki program yang selaras dengan kami yaitu menghadirkan keceriaan berekreasi yang sarat dengan nilai-nilai edukasi. Diadakannya TAFISA Games 2016 di Ancol Taman Impian ini juga merupakan salah satu upaya kami untuk turut serta dalam upaya pelestarian olahraga dan permainan tradisional baik nasional maupun internasional yang menjadi tujuan utama TAFISA Games 2016,” ujar C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. (Photos: Media Center TAFISA/ANTARA FOTO/Ismar Patrizki, Widodo S. Jusuf)