Sebuah kolaborasi istimewa dari 7 hotel Marriott di Indonesia  menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-71 tahun

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 tahun, Marriott International untuk pertama kalinya dengan bangga mempersembahkan “Pesona Kuliner Indonesia – Cita Rasa Nusantara”. Dari 15 Agustus sampai dengan 6 September 2016, para koki dari JW Marriott Hotel Jakarta, The Mayflower, Jakarta – Marriott Executive Apartments, JW Marriott Hotel Medan, JW Marriott Hotel Surabaya, Courtyard by Marriott Bali, Seminyak, Courtyard by Marriott Bali, Nusa Dua, The Stones, Legian, Bali – A Marriott Autograph Collection Hotel, akan bersama-sama mempersembahkan sebuah perjalanan kuliner unik untuk merayakan warisan kuliner Nusantara. Para koki pemenang akan mengunjungi ketujuh hotel dan mempersembahkan ketujuh hidangan terpilih untuk dinikmati para tamu.

“Sebagai salah satu jaringan dengan jumlah hotel terbanyak di Indonesia, kami bersatu padu dan mengadakan acara ini dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Sebuah acara untuk mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia dan menonjolkan talenta lokal yang dimiliki hotel-hotel Marriott di Indonesia” kata Karan Berry, General Manager JW Marriott Hotel Jakarta.

Terinspirasi dari konsep klasik seven course, masing-masing hotel menyiapkan sebuah menu istimewa untuk merepresentasikan hotel mereka selama masa promosi. Pada tahap awal dari perjalanan kuliner ini, sebuah kompetisi internal diadakan di masing-masing hotel untuk mencari hidangan Indonesia yang paling otentik dan menarik. Ketujuh koki bersama dengan hidangan kemenangan mereka selanjutkan akan bergabung dalam perjalanan kuliner ini untuk mewakili hotel mereka ke seluruh Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71, perjalanan kuliner ini dibuka di JW Marriott Hotel Jakarta pada tanggal 15 Agustus 2015 dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan tari Patuddu yang dipersembahkan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat. Acara ini diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya didampingi oleh General Manager JW Marriott Hotel Jakarta, Bapak Karan Berry dan VP Corporate Communications PT Citilink Indonesia, Bapak Benny S. Butarbutar. Upacara pembukaan ini menandakan dimulainya Pesona Kuliner Indonesia – Cita Rasa Nusantara, dimana ketujuh koki pemenang akan menghidangkan langsung masakan mereka di Sailendra Restaurant dari tanggal 15-17 Agustus 2016, tersedia untuk makan siang dan makan malam.

Pada 16 Agustus 2016, untuk para tamu Sailendra yang datang mengenakan baju tradisional Indonesia seperti batik, kebaya maupun pakaian khas Indonesia lainnya dan mengikuti kontes Instagram di @jwmarriottjkt, maka tamu bisa mendapatkan kesempatan untuk memenangkan sebuah voucher menginap dan makan di JW Marriott Hotel Jakarta.

Pada tanggal 17 Agustus 2016, JW Marriott Hotel Jakarta akan melakukan aktivitas sosial “Spirit To Serve”, dimana 10 anak dari Yayasan Emmanuel diundang untuk melakukan beberapa aktivitas menarik bersama ketujuh koki pemenang. Hal ini dilakukan untuk lebih menumbuhkan semangat cinta negara dan melestarikan warisan Nusantara, dimana salah satunya adalah warisan kuliner Indonesia.

Selain promosi makan tersebut selama tiga hari acara ini berlangsung JW Marriott Hotel Jakarta didukung oleh SME Indonesia dan Dewan Kerajinan Nasional mempersembahkan pameran seni dan kerajinan tangan khas Indonesia yang terletak di sekitar area lobby hotel, dari hari Senin-Rabu, 15-17 Agustus 2016, mulai pukul 10.00 s/d 18.00 WIB.

Perjalanan kuliner ini lalu akan berlanjut ke JW Marriott Hotel Medan dari tanggal 23 – 25 Agustus 2016, JW Marriott Hotel Surabaya pada 27 – 29 Agustus 2016, Courtyard by Marriott Bali, Seminyak pada 30-31 Agustus 2016, Courtyard by Marriott Bali, Nusa Dua pada 2 – 3 September 2016 dan berakhir di The Stones, Legian, Bali – A Marriott Autograph Collection Hotel pada tanggal 5-6 September 2016.

Dipilih oleh sekelompok ahli makanan dan koki local, tujuh makanan pemenang telah dipilih untuk menampilkan cita rasa Nusantara di hotel-hotel Marriott di Indonesia. Hidangan salad yang menjadi unggulan adalah Spicy Gado-Gado Torti Roll, sebuah kreasi spesial dari Chef Andi Setiawan dari The Mayflower, Jakarta – Marriott Executive Apartments. Hidangan ini merupakan transformasi unik dari salah satu makanan khas Jakarta yang dipadu dengan resep rahasia  dari neneknya, yaitu Gado-Gado yang dapat langsung dinikmati dalam satu gigitan.

Berlanjut ke komponen sup, para tamu dapat menikmati hidangan klasik Indonesia yang berasal dari Jawa Timur, Rawon Iga. Dengan tambahan rasa kontemporer, Chef Vaulanda dari JW Marriott Hotel Surabaya yakin bahwa penganan ini akan menjadi salah satu hidangan favorit para tamu.

Terinspirasi dari Andaliman yang merupakan salah satu bumbu rempah khas Meda, Chef Broto of JW Marriott Hotel Medan akan mempersembahkan Ikan Gerapu masak arsik khas Toba. Rasa unik dari Andaliman yang dipadukan dengan bumbu rempah tradisional lainnya akan menyempurnakan rasa alami dari ikan gerapu. Hidangan ini menawarkan rasa original dari hidangan Batak, Sumatra Utara.

Terinspirasi dari rasa kecintaannya akan buah durian, Chef Deni Purwanto dari JW Marriott Hotel Jakarta menawarkan resep racikan ibundanya, yaitu Gulai Daging Masak Tempoyak, sebuah penganan yang membuatnya selalu teringat akan masa kecilnya. Temponyak merupakan bumbu yang terbuat dari buah durian yang difermentasi dan umumnya digunakan di bagian barat Sumatra, termasuk kampung halaman ibundanya di Jambi.

Sebagai representasi dari cita rasa eksotis pulau Bali, Chef I Nengah Mingguana dari Courtyard by Marriott Bali, Seminyak,  akan mempersembahkan kreasi uniknya yaitu Ayam Kuah Becundang. Resep hidangan ini sudah turun menurun dari nenek moyang mereka di Bali, dimana mereka biasa menggunakan daging ayam kampung jenis Rooster untuk membuat sup kaldu ayam yang kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit agar daging ayam menjadi lembut dan siap disajikan.

Melengkapi komponen hidangan utama, Chef I Made Dewa Suardi Yasa dari The Stones, Legian, Bali – A Marriott Autograph Collection Hotel telah menyiapkan hidangan lengkap Yuyu Palem Telengis Mepes Nasi Oran Jagung, Lawar Kelungah dan Sambal Sere Tabiya. Sajian ini berasal dari resep neneknya dan sangat terkenal di Yeh Embang, salah satu desa di Negara, Bali Barat, tempat dimana neneknya dulu berdiam.

Sebagi pemanis dari keenam hidangan diatas, Chef I.B. Oka Yudha Pratama dari Courtyard by Marriott Bali, Nusa Dua akan menyiapkan Abug dengan Kelapa Bakar, Es Puter dan Caramelized Banana. Abug adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang berasal dari Kabupaten Karangasem di Bali yang dibuat dari tepung beras ketan yang dikukus, kelapa parut dan gula aren. Penganan ini biasanya disajikan dengan teh atau kopi, dan disajikan pada saat kunjungan teman dan saudara. Chef Oka memberikan tampilan yang lebih modern agar dapat popular di kalangan muda saat ini.

Sebagai tambahan dari promosi makanan yang berlangsung di hotel-hotel yang berpartisipasi, para koki juga akan terlibat dalam berbagai aktivitas seperti acara kumpul bersama dengan media lokal dan para food blogger, dan juga terlibat dari kegiatan sosial Spirit To Serve (gerakan kegiatan sosial dan hubungan masyarakat dari Marriott International) dengan komunitas lokal. “melalui roadshow ini, kami bertujuan tidak hanya untuk mempromosikan keunikan hidangan Indonesia, tetapi juga memberikan kembali dan berkontribusi pada masyarakat sekitar”, imbuh Marie Browne, Marriott International – Area Director of Operations for Australia, Indonesia, Malaysia, Singapore, and South Korea.

Marriott dengan bangga bekerjasama dengan Citilink Indonesia sebagai mitra official partner dalam perjalanan kuliner istimewa ini. “Citilink Indonesia dalam kesempatan ini sangat bangga dalam mendukung terselenggaranya acara Pesona Kuliner Indonesia – Cita Rasa Nusantara sebagai upaya memajukan sektor pariwisata Indonesia”, ujar Benny S. Butarbutar, Vice President Corporate Communications Citilink Indonesia.

Acara Pesona Kuliner Indonesia – Cita Rasa Nusantara dipersembahkan oleh Sailendra Restaurant bekerjasama dengan Pesona Indonesia, dengan media partner Koran Jakarta, TravelText, Tempo Media Group, What’s New Jakarta, 90.4 Cosmopolitan FM dan 95.1 KIS FM. Didukung oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat, SME Indonesia, Dewan Kerajinan Nasional dan Hi+ Media.