Sukses besar di tahun sebelumnya, Suryanation Motorland 2016 resmi digelar, dengan mengusung tema Show Your Pride menghelat serangkaian event festival kustom dan moto kulture terbesar di Indonesia. Perhelatan akbar yang diselenggarakan di sejumlah kota, mulai dari acara Road To di kota Lampung, Bandung, Surabaya dan Main Event di kota Medan, Makassar, Semarang, Palembang serta event Big Bang sebagai puncak acara di kota Malang ini sekaligus menjadi torehan bersejarah yang menandai momen membanggakan Suryanation Motorland turut serta sebagai salah satu sponsor pembalap Sam Lowes dari tim Gresini Racing di ajang bergengsi Moto2 World Championship tahun ini.

Pongky Puranto dari Suryanation menyampaikan, “Suryanation Motorland 2016 ini adalah perhelatan terakbar dan teristimewa yang kami persembahkan khusus bagi anak motor, komunitas motor, para pelaku dan penggiat serta penggemar yang begitu antusias dan apresiatif terhadap Kustom & Moto Kulture di Indonesia. Banyak kejutan yang akan dihadirkan pada 2nd Annual Suryanation Motorland tahun ini, antara lain komposisi juri dari kalangan top builder yang dianggap paling kompeten dan pas untuk Kustom Bike Contest. Venue tahun ini juga yang lebih banyak hingga 8 kota, serta Big Bang yang dihelat di kota Malang selama 2 hari penuh dengan acara-acara seru dan dahsyat.” Kami perkirakan sekitar 10.000 pecinta motor custom & publik akan hadir di rangkaian Main Event, sementara sekitar 20.000-an akan ikut mensemarakkan event Big Bang di kota Malang pada tanggal 28-29 Oktober mendatang. “All bikers are invited and all two wheels will be respected!”, tutup Pongky bersemangat.

Photo2

Sementara itu, Krisnanto “Anto Novos” Sutrisman, Managing Director Novos Production, sebagai penyelenggara menjelaskan, “Suryanation Motorland tahun ini begitu spesial dimana Suryanation bersama Novos Event Organizer menghadirkan rangkaian ajang Main Event di Medan, Palembang, Semarang dan Makassar dimana di masing-masing kota tersebut akan digelar 2 konten acara, yaitu Kustom Kulture yang terdiri dari Kustom Bike Contest, Builder Talks & Live Garage, Kustom Kulture Artworkers Demo, Apparels Exhibition, Barbershop & Tattoo Art Show. Konten lainnya adalah Moto Kulture yang menggelar Bike Rendezvous, City Rolling Thunder, Bikers Games, Bikers Appreciation, Pin-up Babe Contest dan Stunt Show. SM juga dimeriahkan oleh penampilan live music dari band national and banyak lagi yang akan dikemas dalam sebuah kegiatan yang modern, trendy dimana akan menyatukan para motorcycle enthusiast, Hobby, Art, Fashion & Music yang diharapkan dapat memberikan Inspirasi serta pengetahuan terhadap perkembangan scene kustom local serta sebagai edukasi untuk masyarakat luas.

Photo3

Lebih jauh Anto Novos mengatakan bahwa Kustom Bike Contest melombakan nomor Class of above 250CC untuk jenis Choppy Cub/Street Cub, Cafe Racer, Chopper/Bobber dan All Tracker. Class of under 250CC diperuntukkan jenis Chopper/Bobber dan Free for All. Selain itu ada Special Class untuk jenis modifikasi Matic Kustom dan Sport FFA serta Exhibition Class untuk Classic Scooter. Keseluruh nomor lomba akan menghasilkan juara ke-1 sampai ke-3 Winner of All Class, 1 gelar untuk Best Classic Scooter diraih melalui polling system dan satu gelar juara lagi untuk Best Painting. Para juara akan mendapatkan hadiah berupa tropi kemenangan, uang tunai dan international trip berupa kesempatan untuk menyaksikan ajang Yokohama Hot Road Custom Show edisi ke-25 di Yokohama Jepang.

Photo5

Suryanation Motorland 2016 menghadirkan 3 top builder yang bukan hanya berperan sebagai juri untuk ajang Kustom Bike Contest, namun mereka juga akan berbagi pengalaman, ilmu mereka serta membawa dan mempresentasikan salah satu master piece yang mereka bangun untuk Suryanation Motorland yaitu ICONIC BIKE 2016 serta tidak ketinggalan koleksi pribadi yang juga akan ditampilkan. Ketiga juri ini adalah Tommy Dwi Jatmiko dari Mastom Custom Autoworks, Donny Ariyanto dari Studio Motor dan Lulut

Photo7

Wahyudi dari Retro Classic Cycles. Selain itu ada 5 official apparel brand yang akan memeriahkan Kustom Art Apparel Exhibition yaitu Kickstart, Wayout, Fourspeed, Rich Richie & Trooper serta tentu saja panggung musik yang akan lebih menghebohkan suasana bersama The Hydrant dan Gugun Blues Shelter.

Suryanation Motorland juga akan membuat kompetisi yang berbasis on ground activation & digital yaitu Suryanation Ride dimana akan dipilih 5 orang perwakilan dari masing2 kota kegiatan serta 3 orang dari kompetisi digital yang beruntung untuk merasakan experience touring dari Bali dan berakhir di kota Malang untuk menghadiri dan menyaksikan puncak dan pamungkas acara yaitu Big Bang Suryanation Motorland 2016. Selain itu akan dihelat Final Battle yaitu 5 Regional Best Of The Best Kustom Bike dimana akan memperebutkan siapa yang layak untuk menjadi The Greatest Bike atau King of Show Suryanation Motorland 2016 yang akan dinilai oleh 3 juri National serta 1 juri tamu International. Ada juga Moto Camp yaitu kegiatan bermalam untuk anak-anak motor dengan berbagai kegiatan seru seperti nonton bareng film-film petualangan bermotor, card games, barbecue dan tentu saja pesta api unggun.

Photo8

Di Big Bang ini akan diputarkan film pendek spesial produksi Suryanation Motorland yang bertajuk Ride to The Sun, mengkisahkan petualangan tiga orang sahabat di atas motor customnya, berkelana ke berbagai tempat indah alam dan budayanya. Sementara itu ada suatu prosesi yang akan membuat suasana makin heboh, yaitu Prosesi Ngeblarrr Bareng, dimana sekitar 2500-an lebih pemotor akan melakukan kick start dan nge- gas bersama-sama yang tentu akan menghasilkan suara menggelegar menandakan event puncak telah dimulai. Masih ada keriaan seru lain seperti Dertracker (fun race), lomba balap motor di atas tanah berdebu, dan Moto Bazaar yang menghadirkan ajang Moto Parts, Culinary, Moto Apparels, Moto Gears dan Vintage Stuff.

Salam Satu Aspal! Keep Your Speed for Brothers! Dan tentu saja, Salam Blarrr!