Pada 23 dan 24 November 2015, Akademi Gastronomi Indonesia mengadakan Dialog Gastronomi Nasional dan secara bersamaan Pesona Indonesia, Kementrian Pariwisata, Republik Indonesia meluncurkan 5 destinasi wisata kuliner Indonesia antara lain Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Bali. Acara ini secara resmi dibuka oleh Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia dan didampingi oleh Ambassador of Denmark H.E. Casper Klynge, Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia dan William Wongso, Pakar Kuliner Indonesia.

Akademi Gastronomi Indonesia adalah inisiator Dialog Gastronomi Nasional yang merupakan Kongres Nasional pertama di bidang Gastronomi dan juga anggota ke-23 dari Academy International of Gastronomy yang berkedudukan di Paris. Acara ini akan menjadi agenda tahunan Gastronomi Indonesia, begitupun pemberian penghargaan Gastronomi Indonesia.

Dalam acara tersebut, Hotel Gran Mahakam menerima penghargaan sebagai Hotel Gastronomi 2015 dari Akademi Gastronomi Indonesia yang didukung oleh Pesona Indonesia, Kementrian Pariwisata, Republik Indonesia, Selasa, 24 November 2015 yang lalu di Magnolia Ballroom, Hotel Gran Mahakam.

Penghargaan ini diberikan kepada Hotel Gran Mahakam setelah lulus kriteria penilaian sebagai hotel yang selalu mengedepankan pelestarian warisan kuliner Indonesia melalui menu yang disajikan di Restoran utama yaitu Le Gran Cafe. Hotel Gran Mahakam juga dinilai konsisten menjaga cita rasa dan presentasi makanan yang berkualitas.

Hidangan asli Indonesia yang telah dipromosikan oleh Hotel Gran Mahakam menjadi kebanggaan dan makanan khas di hotel kami yang selalu di minati dan dicari oleh tamu yang datang, makanan tersebut seperti Pecel Goreng, Pindang Serani, Soto Mie Mahakam, Soto Padang, Nasi Bali, Nasi Daun Jeruk, Nasi Liwet, Nasi Madura, Lontong Mahakam, Nasi Hijau, Nasi Timbel, Bakmi Rebus Jawa, Singkong Goreng Bawang Putih, Tahu Gejrot, Pancong Kopyor, Kue Ape, Es Tape Hijau dan masih banyak menu menarik lainnya. Kami juga selalu mengeluarkan menu Indonesia baru setiap tahunnya untuk menambah pilihan cita rasa Indonesia di Le Gran Cafe.