Omakase – Wine Dinner with Celeb Chef Akira Watanabe

0
235

Seberapa besar pengetahuan Anda tentang makanan Jepang, sang koki pasti tahu lebih banyak. Omakase adalah salah satu cara makan yang jenis dan resepnya hanya chef yang tahu. Itu sebabnya, ketika mendapat undangan Wine Dinner with Celebrity Chef Akira Watanabe, dengan cara “omakase”, yang terbayang adalah kejutan-kejutan yang akan ditampilkan sang chef asal Negeri Sakura tersebut.

WagyuVenue-nya tentu saja di Pastahouse Awkitchen, Plaza Senayan, Jakarta. Restoran ini bermula di Nakameguro, Tokyo, Jepang, dimiliki oleh Akira Watanabe, berdiri sejak Maret 2004. Setelah berkembang beberapa cabang, sepuluh tahun kemudian AWkitchen hadir pula di Plaza Senayan, Jakarta.

Jika Pastahouse AWkitchen di Jepang hanya menawarkan pasta, gerai yang di Jakarta menawarkan pasta dan pizza sekaligus. Semuanya ditangani langsung oleh Mr. Akira. Untuk menjaga cita rasanya dua chef didatangkan langsung dari Jepang, yaitu Tanaka Hidekazu (executive chef) dan Hiroshi Sano (sous chef).

Kembali ke undangan Omakase di atas, yang berlangsung pada Jumat 30 Oktober 2015. Ternyata menu sudah tertera di meja masing-masing. Baiklah, no problemo, toh menu yang “dibocorkan” juga tergolong asing untuk kebanyakan orang Indonesia.

DessertIni dia menunya: Yang pertama (antipasto freddo) adalah Seafod Carpaccio with Avocado Dip. Padannya adalah Shirakabegura Sparkling Mio, the new traditional fruity sparkling sake. Yang kedua (antipasto caldo) adalah Black Truffle Pancake with Girolles & Chanterelles Mushroom. Padanannya Ruffino Rosatello Rosato, medium-bodied rose wine.

Berikutnya (primi pasta), Cartoccio E Fruitti di Mare. Minumannya Oakridge Over The Shoulder Yarra Chardonnay 2013, subtle floral wine with a fliny mineral presence. Ada pun main course-nya (secondi piatti) adalah Wagyu Prime Rib with Soy Sauce Gravy. Paduannya La Capitelle de Domaine de Baron ‘Arques 2011, soft & aromatic wine with a lonng, warm 7 well balanced finish. Wine dinner ini diakhiri dengan dengan dessert (dolce) Hallowen Pumpkin Pudding. Yang cocok dengan ini Fruity wine with hints of walnut & hazelnut chocolate.

Makan malam yang berkesan, yang ada adalah enak dan enak sekali. Kunci kesuksesan chef Akira Watanabe adalah berhasil memadukan authentic Italian cuisine dengan Japanese ingredients secara pas. (Abe)