AccorHotels, operator hotel terkemuka di Indonesia dan Asia Pasifik, bersama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) menegaskan kembali komitmen untuk bersinergi menyediakan layanan ICT (Information & Communication Technology) di hotel-hotel AccorHotels lewat penandatanganan  memorandum of understanding (MoU) universal, di Jakarta, 28 September 2015.

Bertempat di Hotel Mercure Jakarta Sabang, Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin melakukan penandatanganan nota kesepahaman tersebut dengan COO AccorHotels Indonesia- Malaysia-Singapore, Garth Simmons. Nota Kesepahaman ini merupakan sinergi antara 2 (dua) global company yang menyepakati kerja sama dalam pemanfaatan sumber daya perusahaan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Excutive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom, Siti Choiriana dan Vice President Sales Marketing & Distribution, AccorHotels Indonesia-Malaysia-Singapore, Adi Satria.

“Kerja sama ini merupakan wujud dukungan Telkom bagi sektor pariwisata Indonesia serta untuk mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Telkom siap membawa pariwisata Indonesia mendunia melalui infrastruktur dan layanan yang berkualitas,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin setelah melakukan penandatanganan kerja sama di Jakarta.

Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa Telkom mendukung kegiatan bisnis di beragam portfolio brand AccorHotels Hotel Group di Indonesia. Adapun jasa dan sarana berbasis TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment, Services) yang dikelola, dikembangkan dan disediakan Telkom untuk AccorHotels di Indonesia adalah pemanfaatan layanan Digital Marketing, pemanfaatan Infrastruktur Information and Communication Technologi (ICT), penyediaan layanan Digital In Room Entertaiment (Internet wifi.id, UseeTV, Smart Room, Digital Hotel), penyediaan Digital Hospitality Operation, HR Management System, penyediaan Digital Customer Relationship Program, serta penyediaan Value Added Service.

Garth Simmons mengatakan, “Akses Internet yang handal merupakan salah satu syarat utama untuk memilih hotel dari para tamu kami. Dengan terus berkembangnya hotel-hotel kami di seluruh nusantara, AccorHotels perlu merangkul mitra teknologi informasi yang handal. Kami senang dapat mempererat kerja sama ini, yang membuka peluang-peluang baru bagi kedua pihak. AccorHotels dan Telkom akan memiliki program strategis terkait loyalitas, produk, korporasi dan program promosi bersama bagi para pelanggan setia dan karyawan masing-masing.”

Foto 3Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam dan budayanya. Hal ini menjadikan pariwisata Indonesia sebagai salah satu sektor yang sangat penting dan unggulan bagi perekonomian bangsa, terlihat dari jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang datang menikmati pariwisata Indonesia dan memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara. Sebagai BUMN telekomunikasi, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) berkomitmen mendukung pariwisata Indonesia go global melalui infrastruktur dan layanan Information & Communication Technology (ICT). Hal ini yang menjadikan Telkom mitra ideal bagi AccorHotels.

Terdapat tiga unsur utama keberhasilan untuk memikat pengunjung bisnis dan wisata untuk datang ke suatu destinasi: Aksesibilitas & Infrastruktur (transportasi internasional dan domestik untuk penerbangan/laut/darat ke seluruh Indonesia terutama di kota-kota berkembang), Atraksi (budaya, seni, keindahan alam, pemandangan, keunikan, kearifan lokal) dan fasilitas Akomodasi (hotel, resor, villa, penginapan). Dalam hal ini, baik AccorHotels dan Telkom Indonesia telah menjadi kekuatan utama yang harus diperhitungkan dalam industri masing-masing. Dengan demikian, AccorHotels dan Telkom Indonesia memiliki posisi strategis untuk mendukung industri pariwisata Indonesia.