SONY DSCHimpunan Humas Hotel (H3) Jakarta pada 19 November 2014 menyelenggarakan acara workshop PR 101 series, Addressing Challenges in PR Hotel Industry di Private Room Lagoon Café, The Sultan Hotel & Residence Jakarta. Hadir sekitar 35 PR Hotel se-Jabodetabek, anggota kehormatan H3, sosok senior humas perhotelan dan media sebagai pembicara bersama-sama turut mendukung acara workshop tersebut.

Dalam kesempatan itu Ketua H3 Jakarta T. Marlene Danusutedjo menjelaskan bahwa H3 acara tersebut bertujuan ingin berbagi pengalaman dan ilmu untuk para praktisi PR hotel dalam menunjang pekerjaannya sebagai public relations officer.

Hadir sebagai pembicara pertama adalah  Edhie Rianto, seorang jurnalis senior yang sudah malang melintang di berbagai media dan saat ini menjabat sebagai Chief Editor Traveltextonline.com dengan membawakan sesi “Media Relations”. Inti bahasan sesi tersebut adalah ‘PR & Media Relations’ merupakan komponen yang signifikan bagi seorang humas hotel dalam menjalankan tugasnya sehari hari yang mana sangat penting untuk menjaga relasi yang kondusif dengan salah satu pemangku kepentingan hotel (perusahaan), yaitu media.

Pembicara kedua adalah Hana Hoed, praktisi humas yang sudah berpengalaman tahunan sebagai Hotel PR dan sekarang menjabat sebagai Communications Manager for Indonesia di Delivering Asia Communications.  Hana membawakan sesi “PR Ethics” di mana sebagai salah satu komponen yang patut diketahui oleh PR hotel dalam menghadapi beragam situasi yang terjadi di dunia perhotelan dengan efektif dalam konteks tetap berada dalam koridor etika kehumasan.

Sedangkan Fransiska Kansil yang juga salah satu advisor H3 dan saat ini sebagai Corporate Communications and Media Relations Manager of Discovery Hotels & Resorts sekaligus Director of Communications of Hotel Borobudur Jakarta, membawakan sesi “Communications Crisis” yang membahas kiat-kiat cara menanggulangi dari sisi humas hotel apabila terjadi saat genting atau yang disebut krisis dan kaitannya dengan para pemangku kepentingan terkait antara lain media, pemilik hotel, karyawan dan umum.

Hadirin terlihat antusias mengikuti workshop tersebut, seperti yang diutarakan oleh salah satu peserta yaitu, Feriani Chung, Marketing Communications Manager dari Holiday Inn Kemayoran, “Kami senang sekali bisa mengikuti acara H3 ini dan mendapatkan pembekalan yang sangat berguna dari mereka yang sudah berpengalaman dan bisa saya aplikasikan dalam pekerjaan saya sebagai humas hotel.”