Untukmu Indonesia

0
271

From Sabang Merauke to Broadway oleh Indonesia Art Theatre (INARTE)

sunday-again_2821Berkesenian di Indonesia merupakan jantung budaya yang dapat diukur seberapa kuat dan panjang dalam suatu kurun masa. Semakin kokoh dan terakomodirnya para seniman melakukan kegiatan seni, semakin diakui  kualitasnya baik di negara kita sendiri maupun di negara lain. Para pekerja seni  muda usia yang tergabung dalam INARTE (Indonesia Art Theatre) mendedikasikan diri khusus berkesenian dalam drama musikal. INARTE lahir dari beberapa pemain muda usia 17-27 tahun yang bertemu dalam beberapa kesempatan penampilan dari berbagai pertunjukkan di Indonesia maupun luar negeri, dengan jumlah anggota hingga saat ini kurang lebih 200 orang dalam kurun waktu dua bulan sejak berdiri.

poster newINARTE mempersembahkan Les Misérables drama musikal asal Perancis yang diusung dari  buku novel karya Victor Hugo di tahun 1862.  Pementasan tersebut tidak bersifat komersil. “Kami mempersembahkan acara pementasan tersebut demi mendukung keberlangsungan hidup INARTE. Alasan kami memilih tema tersebut didasarkan atas alur cerita yang sangat memihak kaum sosial kelas bawah yang tertindas oleh kesewenangan para penguasa. Namun kebenaran dan keadilanlah yang akan menang. Sehingga pesan moral yang kami ingin sampaikan adalah bahwa rakyat adalah representasi dari suara Tuhan. Beberapa dari pemain telah mementaskan Les Misérables di beberapa pertunjukkan sebelumnya.” Demikian penjelasan acara dari Project Manager Aniska Shivalaya atau Vaya sekaligus salah satu pendiri INARTE.

“Cita-cita kami  dapat menggelar pementasan secara utuh sempurna berkelas layaknya drama musikal teater di Broadway Amerika Serikat dan West End di Inggris. Namun kami di Indonesia masih mengalami kesulitan untuk menemukan mitra maupun pendukung kegiatan yang notabene mengambil segmen tersebut.  Hal ini berbeda dengan mayoritas sekolah drama dan vokal/musik yang umumnya dikemas dalam dialog maupun lirik dalam bahasa Indonesia.”

Pada pertunjukan Untukmu Indonesia: From Sabang Merauke to Broadway oleh Indonesia Art Theatre (INARTE) berkolaborasi dengan Lunar Orchestra dengan konduktor Fanny Tsalasa merupakan harmonisasi racikan nuansa Nusantara dan internasional.