Mengintip Kampanye Marketing Sukses TNT Dramatic Flash Mob

0
665

YouTube adalah salah satu media promosi yang paling efektif untuk menarik awareness publik. berbujet rendah dan merupakan salah satu situs terpopuler saat ini. Tapi, bagaimana agar video yang kita unggah menjadi ngetop dan ditonton ribuan, bahkan jutaan orang? Caranya gampang-gampang susah. Tetapi, formula utamanya adalah keunikan konsep yang out of the box.

Dalam rangka peluncuran TNT (Turner Television Network) Drama di Belgia pada bulan April 2012, TNT melakukan kampanye aktivasi dengan konsep flash mob. Video mereka yang berjudul A Dramatic Surprise on a Quite Square ini patut dianggap sebagai viral marketing sukses. Bagaimana tidak, hanya dalam satu minggu, video dramatic surprise ini sudah dilihat sebanyak 23 juta kali!

Nah, apa yang membuat video ini jadi sangat menarik?

Cermati bagaimana cerdiknya TNT mengemas kampanye tersebut.

Sebuah tombol merah ditempatkan di tengah alun-alun kota yang suasananya tenang dan sunyi. Di dekat tombol merah ini, terdapat papan yang cukup mencolok dengan tulisan Push to Add Drama, sehingga siapapun pasti bisa melihatnya. Tetapi, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi usai tombol ditekan sampai ada yang betul-betul melakukannya.

Serangkaian peristiwa dramatis pun terjadi: sebuah ambulans datang dengan petugas yang menjatuhkan pasien dari tandu beberapa kali, seorang pengendara sepeda yang menubruk pintu ambulans yang terbuka, juga pertarungan tinju antara pengendara sepeda dan sopir ambulans.

Lalu, seorang wanita berbusana seksi dengan sepeda motornya datang, dikejar oleh sebuah mobil hitam berisi pria-pria bersenjata. Melengkapi semua kehebohan itu, terjadilah baku tembak dengan seorang pria yang tertembus peluru dan mati (tentu saja bagian dari skenario). Adegan aneh berikutnya adalah kedatangan pemain-pemain rugby yang kemudian menggotong jenazah dan membawanya masuk ke dalam gedung.

Suasana kembali sunyi. Drama pun berakhir dengan terbukanya sebuah baliho bertuliskan tagline TNT: We Know Drama.

Tak heran, video dramatis itu pun langsung masuk sebagai iklan kedua yang paling banyak dilihat sepanjang masa menurut perusahaan riset video Unruly Video. Angka share video itu mencapai 3 juta kali, hanya kalah dari iklan dari Volkswagen berjudul The Force di tahun 2011. Luar biasa! Bagi yang penasaran dengan videonya, silakan cek di sini: http://www.youtube.com/watch?v=316AzLYfAzw

Dari video tersebut, kita sebagai praktisi komunikasi pun bisa belajar bahwa kampanye yang sukses tidak selalu berbanding lurus dengan ongkos yang mahal. Tentu saja, konsep kampanye marketing yang ‘mengejutkan’ semacam itu dapat pula kita terapkan di Indonesia. Rumusnya satu: tidak malas berpikir kreatif, seperti yang selalu kami tekankan dalam tim saat melayani klien.

Tim kami mengerti, agar jadi perbincangan di dunia maya, video untuk YouTube haruslah berkualitas tinggi. Bahkan, disebutkan bahwa 9 dari 10 video yang diunggah ke YouTube di tahun 2012 betul-betul dibuat secara profesional.

Tetapi poin suksesnya tidak berhenti sampai di situ. Ketika memproduksi sebuah video, tim kami pun selalu berusaha untuk menciptakan hasil yang tak terlupakan. Kami tak pernah takut untuk menampilkan sesuatu yang berbeda, karena inilah yang menjadi prinsip keberhasilan kami berikutnya!

Setelah itu, promosi adalah senjata pamungkasnya. Kami tak pernah lupa untuk mempromosikan video buatan kami secara gencar. Karena kalau tidak dipromosikan, siapa yang akan menonton? Terima kasih kepada jaringan rekanan kami yang luas, terutama mitra digital consultantkami, yang memungkinkan kami membagikan hasil kreativitas kami ke lebih banyak lagi orang.

Nah, itulah sekelumit strategi dari tim kami agar video yang diunggah di YouTube jadi bahan perbincangan banyak orang. Siapa tahu, video kampanye sukses berikutnya datang dari Indonesia. Bisa dari kami, bisa juga dari Anda. Dilihat, diunduh, dan dibagikan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Bukan tidak mungkin, kan? (Oleh Suryani dan Tanya TresnawatiFortune PR)