Mengemas Keindahan Indonesia dalam Bingkai Fotografi

0
611

Foto para kurator event Panorama - GPI di Gedung Arsip JakartaPanorama Group untuk pertama kalinya bekerjasama dengan Yayasan Gallery Photography Indonesia (GPI) mengadakan pameran fotografi “Alam dan Budaya Indonesia” yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 26 Oktober 2013 mendatang berlokasi di Gedung Arsip, Jakarta. Pameran yang dibuka untuk umum ini menampilkan 200 foto hasil karya para fotografer anggota GPI yang tersebar di seluruh Indonesia yang memang harus berkewarganegaraan Indonesia, “We are Proud To Be Indonesian Photographers” adalah moto dari GPI. Foto-foto yang ditampilkan dalam pameran kali berupa foto-foto landscape, adat istiadat dan humaniora.

 

Melihat kecenderungan masyarakat Indonesia yang gemar fotografi dan juga dipadu dengan alam serta budaya yang menarik untuk diabadikan, maka Panorama Group sebagai grup usaha yang bergerak di industri pariwisata melihat bahwa ini merupakan kesempatan yang baik untuk mendukung pameran foto GPI yang diprakarsai oleh Jeffry Surianto selaku pembina dari GPI.

Mengutip pernyataan Jeffry, “GPI sebelum ini telah banyak diberikan perhargaan serta kepercayaan untuk memamerkan hasil karya terbaik para fotografer GPI baik didalam dan luar negeri. GPI sendiri memiliki koleksi foto yang di-supply oleh lebih dari 22.500 anggota dengan berbagai macam tema salah satunya alam dan budaya Indonesia yang akan kami pamerkan kali ini”.

 

“Kerjasama dengan GPI sangat kami sambut dengan optimis dan gembira, karena kami sadar bahwa untuk memajukan pariwisata Indonesia, kami tidak bisa bekerja sendirian. Ditambah dengan kapasitas serta profesionalitas GPI, kami percaya kedepannya Panorama Group dapat memberikan kontribusi lebih dalam memajukan serta mengkampanyekan pariwisata Indonesia dengan lebih luas khususnya dengan GPI”, jelas A.B Sadewa selaku VP Brand and Communications dari Panorama Group.

 

Event ini sekaligus merupakan langkah kongkrit Panorama Group dalam memberi dukungan penuh tidak hanya terhadap kemajuan industri pariwisata dari segi bisnis, namun juga kepedulian terhadap publikasi alam dan budaya Indonesia yang sangat kaya kepada masyarakat umum baik di Indonesia maupun luar negeri dan hal ini pula yang juga sama-sama disadari betul oleh GPI. GPI melalui wakilnya, Jeffry membenarkan hal tersebut, “Kami terbeban untuk mempromosikan Indonesia keseluruh dunia”.

 

Pameran kali ini diikuti oleh para fotografer dari berbagai kalangan dan usia mulai dari usia 20 hingga 60 tahun. Foto-foto terpilih telah melewati hasil penyeleksian oleh para kurator seperti Klaas Stoppels, Norbet Auryn dan Faisal Arief Loebis. Pameran yang berlangsung selama 5 hari di Jakarta ini akan diisi pula dengan talk show menarik setiap harinya seputar dunia fotografi dengan tema antara lain Human Interest, Macro Photography, Still Life dan Travel. Di malam terakhir, pameran foto akan ditutup dengan kehadiran 3 puteri pariwisata El-John dan juga penghargaan terhadap hasil karya terbaik yang ikut serta dalam pameran foto kali ini.

 

Kerjasama antara panorama Group dan GPI ini akan terus terjalin dikemudian hari. “Dalam waktu dekat juga akan kembali melakukan kerjasama dalam bentuk pameran fotografi dengan tema Experience Life. Diharapkan tidak hanya berakhir di satu bingkai foto, namun juga akan banyak dituangkan di ribuan bingkai foto lainnya yang meng-capture keindahan Indonesia dari segala sisi yang akan terus Panorama Group bersama GPI dukung dalam kegiatan-kegiatan lainnya”, tutup Sadewa.

 

Sebagai Informasi tambahan, GPI mengirimkan karya foto dari 25 fotografer terpilih anggota GPI untuk mengikuti pameran bertema Environment + Life di Gyeongnam International Photography Festival 2013, Korea Selatan pada tanggal 17 hingga 22 Oktober 2013. Pameran ini merupakan event tahunan yang diadakan oleh pemerintah Korea Selatan.

 

Tentang Gallery Photography Indonesia

Pada tanggal10 Januari 2009, Jeffry Surianto bersama Agung Wibowo mendirikan Gallery Photography Indonesia yang disingkat dengan GPI dan resmi berbadan hukum pada tanggal 1 April 2013 dengan nama YAYASAN GALLERY PHOTOGRAPHY INDONESIA.

 

Gallery Photography Indonesia merupakan wadah seluruh pencinta fotografi di seluruh nusantara bahkan dari luar negeri dari berbagai kalangan dan komunitas tanpa membeda-bedakan satu dengan lainnya. GPI yang memiliki anggota lebih dari 22.500 tersebar diberbagai dunia memiliki moto “We are Proud To Be Indonesian Photographers” membagi tingkatan keanggotaan menjadi GPI Group, GPI Titatium, GPI Super Titanium. GPI juga memiliki misi untuk regenerasi fotografer muda dan juga menjadikan fotografer Indonesia sebagai fotografer profesional yang handal dan kompetitif. Saat ini sudah terbentuk GPI Regional di berbagai wilayah Indonesia diantaranya : GPI Bondowoso, GPI Bali, GPI Sulawesi Utara, GPI Belitung, GPI Yogyakarta,  GPI Semarang, dan akan terus di kembangkan GPI regional lainnya di seluruh nusantara.

 

Tentang Panorama Group

Sebuah grup usaha pariwisata yang unggul di bidangnya, paling dinamis dan paling terintegrasi di Indonesia, dengan fokus pada bisnis manajemen destinasi wisata, perjalanan wisata, transportasi, MICE dan hospitality. Produk yang dimiliki mencakup antara lain layanan tour operator, professional conference organizer/professional exhibition organizer, armada transportasi pariwisata, penyewaan mobil, rekreasi, restoran, kafe, pembangunan hotel, manajemen perhotelan, serta jalur distribusi hotel.

 

Dengan memiliki 40 tahun pengalaman, 4.000 orang karyawan serta jutaan pelanggan yang dilayani setiap tahunnya, Panorama Group melihat potensi yang sangat besar dalam industri pariwisata, transportasi dan hospitality di Indonesia dan bertekad untuk menjadi pemimpin yang terdepan dalam industri pariwisata.