Industri PR Asia-Pasifik Tumbuh Paling Pesat

0
594

Pertumbuhan Fortune PR Terbesar Kedua di Dunia

Industri humas (public relations/PR) dunia mencatat pertumbuhan sekitar 8 persen di tahun 2012. Meski tidak menunjukkan kenaikan signifikan dibanding tahun 2011 (7,9 persen) dan 2010 (8,1 persen), angka tersebut menjadi indikasi menarik dari munculnya kekuatan baru di industri PR global. Menurut World PR Report yang dilansir bulan ini oleh The Holmes Report dan the International Communications Consultancy Organisation (ICCO), Asia-Pasifik merupakan kontributor terbesar dalam pertumbuhan PR dunia dengan raihan angka sebesar 13,6 persen.

Dengan pencapaian tersebut, agensi-agensi PR di Asia-Pasifik sukses ‘memukul’ agensi di Amerika Serikat yang menyumbang pertumbuhan sebesar 11,8 persen, juga Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika yang membukukan 10,4 persen. Bahkan, Asia-Pasifik unggul jauh dari Inggris yang hanya tumbuh 9,8 persen, Eropa Barat 8,2 persen, juga Eropa Timur 3,2 persen!

Dari hasil survei tersebut, The Holmes Report merilis daftar agensi PR yang menunjukkan pertumbuhan paling pesat di dunia. Dari sepuluh agensi teratas, Indonesia berhasil mencuri satu tempat melalui Fortune PR. Dengan pertumbuhan sebesar 199 persen, Fortune PR menjadi pencetak pertumbuhan tertinggi kedua di dunia pada tahun 2012, bersaing dengan agensi dari Inggris, Amerika Serikat, dan Spanyol.

Sebagai satu-satunya agensi di Asia-Pasifik yang sukses menembus daftar top ten, Fortune PR mengaku terkejut sekaligus bangga. “Kami amat bersyukur karena pertumbuhan bisnis Fortune PR selama tahun 2012 ternyata tercepat kedua di dunia dan juga di peringkat pertama untuk lingkup Asia-Pasifik,” ungkap Indira Abidin selaku Managing Director Fortune PR. “Fortune PR menjadi satu-satunya agensi PR dari Indonesia yang masuk di daftar itu. Sungguh pencapaian yang membanggakan. Terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras serta klien-klien yang telah ikut serta dalam kesuksesan ini,” imbuh Indira.

Pencapaian tersebut membuat Fortune PR mantap untuk mengembangkan sayap, membuka kantor luar negeri perdananya di Singapura. Langkah ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi klien Indonesia yang ingin ekspansi ke luar negeri, terutama di kawasan Asia Tenggara.

The Holmes Report adalah sebuah sarana publikasi PR ternama di dunia. Setiap tahun, The Holmes Report mengeluarkan Agency Report Card sebagai penilaian independen terhadap performa perusahaan konsultan PR di seluruh dunia. Agency Report Card inilah yang dijadikan rujukan oleh banyak perusahaan dalam memilih konsultan komunikasi, salah satunya dengan memberikan penghargaan American Consultancy of The Year, EMEA Consultancy of The Year, dan Asia Pacific Consultancy of The Year. Selain penghargaan konsultan terbaik, The Holmes Report juga memberikan penghargaan SABRE Awards setiap tahun sebagai standar kualitas kegiatan PR di seluruh dunia.