Tour de Singkarak 2013: Antusiasme Asing

0
690

Padang, June 9, 2013. Setelah meraih sukses penyelenggaraan event tahunan selama lima tahun berturut-turut, Tour de Singkarak saat ini siap melangkah lebih tinggi dalam kancah event olahraga balap sepeda internasional.

Jean-Etienne Amaury, President Amaury Sport Organization (ASO), sebuah raksasa penyelenggara event yang telah berhasil menghelat sejumlah event yang diakui secara internasional seperti Tour De France dan Paris-Dakar Rally, menyampaikan rasa terkejut dan senangnya atas bagaimana penyelenggaraan Tour de Singkarak 2013 ini dilaksanakan.

“Ini adalah kunjungan pertama saya di Sumatera Barat. Namun saya begitu terkejut melihat Tour de Singkarak. Semangat dan kehebohan yang diperlihatkan oleh masyarakatnya, keindahan alam yang begitu memesonakan, dan yang tidak kalah penting, faktor keamanan yang ada memastikan kelancaran event ini berlangsung secara lancar.” ucap Amaury.

Selaras dengan pernyataan Amaury, Graham Jones, Konsultan ASO yang bertanggung jawab dalam hal racing development, berbagi pandangan tentang Tour De Singkarak 2013, yang mana menurutnya, “Tour de Singkarak adalah event internasional yang patut dibanggakan.”

Sebagai tuan rumah event ini, Indonesia telah berhasil memperlihatkan kemampuannya ke kalangan mancanegara dalam menghelat event Tour de Singkarak yang begitu bergengsi ini. “Memang Tour ini tidak sebesar Tour de France. Tentu saja karena Tour de France sudah dilaksanakan lebih dari 100 tahun. Sementara Tour de Singkarak baru berlangsung untuk kelima kalinya, tapi lihatlah Tour ini! Event ini berhasil mengundang ratusan pebalap dunia untuk ikut bergabung, belum lagi kerumunan masyarakat yang menyaksikan sepanjang jalan dengan antusiasme yang tinggi. Tiada lain yang bisa saya sampaikan selain Tour de Singkarak berhasil meraih kemajuan yang signifikan. Dan kualitas penyelenggaraan event ini harus terus dipertahankan untuk dapat meraih tujuan yang lebih baik di tahun depan.” Begitu disampaikan Jones.

Sementara itu, Michael Robb, Commissaire 2 dari Union Cycliste Internationale (International Cycling Union), mengatakan bahwa dirinya begitu senang bisa menyaksikan langsung Tour De Singkarak 2013 sebagai sebuah event istimewa. “Saya bisa bilang bahwa event ini begitu istimewa karena Sumatera Barat memang satu daerah yang unik yang pantas untuk dikunjungi. Mulai dari seni budaya yang memesonakan, kelezatan cita rasa kulinarinya, dan panorama indah alamnya yang tak tertandingi, membuat Tour de Singkarak tidak hanya menjadi tempat yang bagus untuk penyelenggaraan event balap sepada, namun sekaligus sebagai tujuan wisata yang mengagumkan.”

Ketika ditanyakan mengenai hal apa saja yang harus dilakukan untuk perkembangan lebih baik penyelenggaraan Tour De Singkarak, Robb menyampaikan, “Panitia pelaksana sudah melaksanakan dengan sangat baik. Saya berharap semakin banyak pebalap internasional, khususnya yang berasal dari Negara-negara Eropa bisa bergabung tahun depan. Semakin banyak partisipasi kalangan mancanegara di event ini mendongkrak potensi pariwisata Sumatera Barat. Bersama dengan keberhasilan Tour De Singkarak sebagai event balap sepeda kelas dunia, maka ini waktunya membuat Sumatera Barat menjadi tujuan wisata dunia.”

Senada dengan pernyataan Robb, Natividad Hervas, wartawan Eurosport yang berasal dari Perancis setuju terhadap fakta bahwa panitia pelaksana Tour de Singkarak mampu belajar dengan cepat dalam menghadirkan dan melaksanakan event balap sepeda internasional yang terpandang dalam kurun waktu hanya beberapa tahun. Saya juga begitu terpesona dengan masyarakat yang begitu ceria dan semangat menyaksikan jalannya Tour di sepanjang 7 etape yang berlangsung.