Lomba Foto Sadar Wisata 2013

0
557

Bali Beach
Jakarta, 21 Mei 2013– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata  (Ditjen PDP) menggelar “Lomba Foto Sadar Wisata 2013” dengan total hadiah Rp  77,5 juta. Lomba foto yang mengangkat tema “Kenangan Indah : Manusia, Budaya dan Alam Indonesia”  ini terbuka untuk umum dengan batas akhir penyerahan karya foto ke pihak panitia lomba hingga 15 Juli 2013. 

Komodo Island
Menurut Dirjen PDP Kemenparekraf Firmansyah Rahim,  tujuan diadakannya lomba foto ‘Sadar Wisata 2013’ sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan butir-butir Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan) melalui seni fotografi,  serta untuk memperkenalkan obyek dan daya tarik wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan dalam rangka “Kenali Negerimu Cintai Negerimu”. “Lomba ini juga untuk memberdayakan masyarakat komunitas, pecinta dan penghobi fotografi dalam membantu memasyarakatkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona,” kata Firmansyah Rahim dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta,  Selasa (21/5).

Dewan juri Lomba Foto Sadar Wisata 2013 terdiri lima orang yakni;  Ketua, Sigit Pramono (ahli fotografi), dan Anggota; Darwis Triadi (ahli fotografi, Darwis Triadi School of Photography), Arbain Rambey (ahli fotografi, dari Harian Kompas); Ray Bachtiar (ahli fotografi, Komunitas Lubang Jarum Indonesia) dan Bambang Wijanarko (ahli fotografi, Komunitas Fotografi Budpar).

Dewan juri akan melakukan penilaian foto pada 22 Juli 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Parekraf, sementara pengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan di  Fountain Atrium, West Mall Grand Indonesia Shopping Town Lt  3 A JL. M. H. Thamrin, Jakarta Pusat pada 20 september 2013.  Selanjutnya 100 karya foto terbaik yang masuk dalam nominasi akan dipamerkan pada acara pameran foto dari tanggal 20  hingga 22 September 2013 di tempat yang sama.

Juara Lomba Foto Sadar Wisata  2013 akan mendapat hadiah berupa uang dan piagam. Juara pertama mendapat hadiah uang sebesar Rp  20 juta, juara dua Rp 17 juta, juara tiga Rp 15 juta, juara harapan satu Rp 10 juta, juara harapan dua  Rp  7,5 juta, juara harapan tiga Rp 5 juta, dan  hadiah favorit Rp 3 juta serta masing-masing mendapat piagam dari Menparekraf.

Firmansyah Rahim mengharapkan dengan lomba “Foto Sadar Wisata 2013” dapat mendorong masyarakat untuk memahami makna Sadar Wisata dan Sapta Pesona dalam bermasyarakat dan berorganisasi sehingga peran penting pembangunan pariwisata dalam membuka lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat semakin terasa dan nyata adanya.