NLC & TNS: Jajak Pendapat Publik Capres 2014

0
742

Prabowo, Megawati, dan Jusuf Kalla, Capres Unggulan 2014

Jakarta, 28 Februari 2013. National Leadership Center (NLC) bersama dengan lembaga riset internasional, Taylor Nelson Sofres (TNS) yang berbasis di Inggris, mengumumkan hasil jajak pendapat publik yang memperlihatkan kecenderungan pilihan masyarakat terhadap kandidat-kandidat presiden yang dicalonkan dalam Pemilihan Umum 2014 mendatang. Survey polling pertengahan Januari 2013 ini dilaksanakan secara acak pada 2.020 responden calon pemilih dan menjangkau daerah-daerah perkotaan dan pedesaan di 31 provinsi di Indonesia.

National Leadership Center merupakan sebuah institusi yang berkontribusi nyata terhadap kebutuhan dan tantangan keterbatasan Pemimpin Berkualitas di Indonesia dewasa ini. Didirikan sejak tahun 2003, NLC yang digagas oleh antara lain Dr. Abdulgani, Prof. Dr. Martani Huseini dan Taufik Bahaudin ini mendorong program Leadership Development, Organization Transformation dan Leadership Assesment. Sementara itu, TNS Indonesia memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman dalam bidang penelitian pemasaran dan jajak pendapat di Indonesia, membantu sejumlah besar LSM dan klien yang berkaitan dengan kebijaksanaan umum. TNS Indonesia merupakan bagian dari TNS Global Group, yang mempunyai jaringan di 80 negara di dunia.

Presiden Direktur NLC, Taufik Bahaudin menyampaikan, “Hasil polling yang dilakukan oleh TNS memperlihatkan bahwa masyarakat yang diwakili oleh responden, sebanyak 35% memilih Prabowo sebagai figur calon Presiden terunggul, diikuti 20% memilih Megawati Soekarnoputri dan 12% menjatuhkan pilihan ke Jusuf Kalla.”

Lebih jauh dikemukakan dalam presentasi hasil polling, Aburizal Bakrie memperoleh 7% suara, Wiranto 4%, Sri Sultan Hamengkubuwono X 4%, Dahlan Iskan 4%, Hatta Rajasa 2%, Mahfud MD 2%, Ani Yudhoyono 1% dan Sri Mulyani 1%. Satu hal penting yang penting ditemukan dalam survey ini memperlihatkan masyarakat umumnya memiliki pandangan yang optimis mengenai kondisi masa depan Indonesia.

Hasil polling TNS juga memperlihatkan kecenderungan masyarakat terhadap pilihan partai politik dimana Partai Gerindra, PDIP, Golkar, Demokrat dan PPP secara berurutan menjadi 5 partai politik terunggul. 26% responden memilih Gerindra, diikuti sebanyak 25% menjatuhkan pilihan ke PDIP, 18% ke Golkar, dan terlepas dari kemelut yang terjadi, 8% responden memberikan pilihan ke partai yang berkuasa saat ini, partai Demokrat dan 3% ke PPP. 3% responden lainnya masing-masing memilih PKS dan Nasdem, sementara masing-masing 2% sisanya ke PKB, PAN dan Hanura.