Comima Sentratama Luncurkan ‘KarirRakyat’

0
879

Website Lowongan Kerja untuk Indonesia Pertama dengan Map & Logo

31 Januari 2013. PT Comima Sentratama meluncurkan www.karirrakyat.com, website lowongan kerja untuk Indonesia. KarirRakyat dikembangkan khusus untuk mempermudah rakyat Indonesia dalam mengembangkan karir dan mencari tenaga kerja di seluruh Indonesia.

Eric Ngadiman, Chief Technical Officer KarirRakyat menyampaikan, “KarirRakyat dikembangkan dan dipersembahkan oleh dan untuk rakyat Indonesia, sebuah website lowongan kerja yang menjadi wadah paling tepat yang mengkombinasikan lapangan pekerjaan dan tenaga kerja yang terus meningkat di Indonesia. Kami sangat menyadari dan percaya bahwa tingginya populasi di Indonesia akan diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang akan terus berkembang.”

Lebih jauh disampaikan,  berdasarkan Internet World Statistic, pengguna internet di Indonesia mencapai ±55 juta orang, atau sekitar 22.1% dari seluruh populasi di Indonesia, dan perkembangan pengguna internet dari 2010-2012, mencapai 2650%. KarirRakyat ingin menggunakan kesempatan ini untuk tidak hanya membantu 6.32% atau 7.61 juta tenaga kerja yang belum mempunyai pekerjaan, tetapi juga 112.8 juta warga negara Indonesia yang telah bekerja (sumber: BPS), untuk menemukan karir yang diinginkan.

Website www.karirrakyat.com diluncurkan dengan mengedepankan tampilan dan antarmuka yang begitu sederhana dan mudah dimanfaatkan. Untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan pengguna, ini adalah beberapa fitur utama website;

I. Keuntungan untuk Member KarirRakyat/ Pencari Kerja


• Job Employment Engine (Map and Logo Function) dengan Bernamakan KR-Map & KR-iD

Sistem pencarian kerja pertama di Indonesia yang menggunakan map dan logo. Dengan sistem ini, pencari kerja dapat dengan mudah memilih pekerjaan berdasarkan lokasi kerja dengan menggunakan peta di KarirRakyat, atau mencari lowongan pekerjaan dengan memilih logo perusahaan yang diinginkan.

• Content Management System (CMS) untuk Member

Dapat digunakan untuk mengubah data diri, resume dan informasi lainnya yang akan digunakan untuk melamar kerja. CMS juga dapat digunakan untuk menyimpan informasi lowongan pekerjaan yang akan dilihat kembali dikemudian waktu.

• Job Cart

KarirRakyat memberi fungsi “keranjang” yang akan merangkum semua lowongan pekerjaan yang telah dipilih.

• Job Mail

 Sistem akan mengirimkan email informasi lowongan pekerjaan sesuai dengan kriteria lowongan kerja yang telah dipilih.
• Career Tips and Guide

Saran dan petunjuk untuk memilih perusahaan, menulis resume, dan persiapan untuk wawancara.

II. Keuntungan untuk Recruiter/Perusahaan


• CMS (Content Management System) untuk Recruiter

Dapat digunakan untuk mengubah informasi perusahaan, mengatur iklan lowongan pekerjaan yang telah terdaftar, membaca semua surat lamaran pekerjaan, dan melihat laporan promosi yang telah terlaksana.

• FREE Company Page

Halaman khusus yang hanya menampilkan semua lowongan pekerjaan dari perusahaan yang bersangkutan. Perusahaan dapat dengan mudah menyebarkan link halaman khusus ini untuk tujuan promosi.

• Customized Company Page

KarirRakyat menerima jasa untuk mendesain khusus atau merubah Company Page sesuai dengan permintaan perusahaan yang bersangkutan.

• Direct Mail

Surat lamaran dari pencari kerja akan langsung terkirim ke perusahaan bersangkutan.

• Support from KarirRakyat Staff
Tim KarirRakyat akan membantu perusahaan untuk registrasi, pemasangan iklan, perubahan informasi dan hal lainnya.
Sampai dengan pertengahan Januari 2013, KarirRakyat telah memiliki lebih dari 2000 lowongan pekerjaan dan sebanyak lebih dari 800 perusahaan di Indonesia telah mendaftar sebagai pencari tenaga kerja. Sejumlah besar diantaranya adalah perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia.
Statistik pengunjung KarirRakyat telah meningkat menjadi lebih dari 1.000 pengunjung unik per hari dalam kurun waktu 2 bulan dan sebanyak 4.329 anggota telah mendaftar. Dalam jejaring sosial, KarirRakyat telah mendapat lebih dari 5.700 ‘like’ Facebook dan memiliki target untuk terus meningkatkan jumlah ‘like’ di jaringan sosial ini.