Coca-Cola Bantu Bersihkan Danau Toba

1
829

Medan, 13 Desember 2012 – Meneruskan komitmen untuk terus melestarikan lingkungan dan menginspirasikan masyarakat dalam menjaga kebersihan, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) kali ini melakukan aksi bersih-bersih di Danau Toba, Sumatera Utara. Bermitra dengan Save Lake Toba Community (SLTC), program bertajuk Aksi Bersih Danau Toba ini berlangsung pada tanggal 13 Desember, 2012 di area sekitar Pelabuhan Sosor Galung, Tuk Tuk Samosir.

Melalui program SLTC yang diberi nama “Danau Toba Bukan Tempat Sampah” ini, CCAI turut mendonasikan 20 buah tempat sampah dan spanduk yang berisi himbauan untuk menjaga lingkungan. Tong sampah ini ditujukan bagi pengelola kapal penyeberangan agar ditempatkan secara permanen di dalam kapal, serta kepada beberapa pedagang agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan di kawasan Danau Toba.

“Seperti program pembersihan yang kami lakukan pada pantai-pantai di Bali, kami percaya bahwa destinasi wisata seperti Danau Toba ini harus dijaga kelestariannya, karena tak hanya menjadi ‘wajah’ Indonesia, tapi juga berperan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitarnya,” tutur Wanda Harahap, National Corporate Affairs Manager CCAI. “Juga melalui program seperti ini, kami bisa menginspirasi dan membuka kesempatan bagi para konsumen, pelanggan, dan pegawai Coca-Cola sendiri, untuk ikut mengambil langkah positif bagi lingkungan.”

Aksi bersih-bersih yang dilakukan CCAI kali ini dimulai dengan kegiatan membersihkan area Danau Toba sepanjang 400 meter. Bersama tim SLTC, CCAI mengarahkan masyarakat sekitar, pedagang, serta wisatawan asing dan domestik untuk membersihkan sudut-sudut pelabuhan, tumpukan sampah di sekitar danau, pinggiran pelabuhan Tuk Tuk, sambil menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan lewat edukasi dan spanduk. Acara ini dibuka oleh Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir (Theodora Sihotang), Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim), Camat Simanindo, dan Lurah Tuk Tuk Siadong.

“Danau Toba yang dikelilingi oleh tujuh kabupaten saat ini sudah mulai tercemar. Banyak tumpukan sampah di beberapa sudut pelabuhan, termasuk tanaman eceng gondok yang hidup mengapung di Danau Toba. Ini sangat mengganggu kejernihan air Danau Toba. Peran kami di sini untuk terus menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Misi kami memang sejalan dengan misi CCAI dalam melestarikan objek wisata kebanggaan Sumatera Utara ini,” kata Annette Boru Siallagan, Field Coordinator SLTC.

Selain Danau Toba, CCAI juga terus-menerus melakukan aksi bersih di lingkungan sekitar pabrik di Medan, aksi bersih dan tanam pohon di sekitar Sungai Deli dan pantai Cermin. Di pulau Bali, CCAI menjalankan program CSR “Bali Beach Clean Up” yang mengoperasikan 78 kru pembersih pantai, 4 traktor, dan lebih dari 300 tong sampah di lima pantai utama Bali setiap harinya.

“Kami tak bisa hanya menjalankan bisnis tanpa memperhatikan dampak pada lingkungan dan masyarakat di mana kami beroperasi. Maka kesuksesan CCAI bergantung pada bagaimana kami mengintegrasikan pertimbangan lingkungan dan sosial ke dalam seluruh aspek bisnis kami, menjadikannya sebagai bagian dari setiap tindakan kami,” tutup Wanda.


Tentang Coca-Cola Amatil Indonesia

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) merupakan produsen dan distributor minuman ringan terkemuka di Indonesia yang memproduksi dan memasarkan produk-produk yang berada di bawah lisensi TCCC. Perusahaan Induk CCAI adalah Coca-Cola Amatil (CCA) yang berpusat di Sidney, Australia dan merupakan salah satu produsen terbesar minuman non-alkohol di wilayah Asia pasifik dan merupakan satu dari lima produsen Coca-Cola terbesar di dunia. 
CCAI memiliki 8 fasilitas produksi yang tersebar di Cibitung-Bekasi, Medan, Padang, Lampung, Bandung , Semarang, Surabaya dan Denpasar. Dengan ditunjang oleh lebih dari 10.000 karyawan dan mengoperasikan ribuan kendaraan untuk mendisitribusikan ratusan juta boks produk minuman penuh kesegaran ke ratusan ribu outlet di berbagai pelosok Nusantara. Untuk informasi lebih lanjut tentang CCAI dapat dilihat dalam website kami www.coca-colaamatil.co.idatau follow Twitter @CokeAmatilID dan Facebook: Coca-Cola Amatil Indonesia.

1 COMMENT

  1. Terimakasih CCAI telah turut bersama sama dengan kami dari SLTC (Save Lake Toba Community untuk memberi perhatian kepada Danau Toba, ikut berperan melakukan edukasi kepada masyarakat dan menyumbangkan tong sampah.

Comments are closed.