Chef Wong Kiat Hong @ Shang Palace, Shangri-La Hotel, Surabaya

0
1232

Ubah Jamur, Terong dan Telor Asin Jadi Dim Sum

KEDATANGAN Chef Wong Kiat Hong, pria kelahiran Malaysia 33 tahun yang lalu, di Restoran Shang Palace, Shangri-La Hotel, Surabaya sejak September 2012 menghadirkan ide baru untuk menu dim sum. Pada umumnya, menu dim sum seperti siomai, hakau, dan bakpau dibuat dengan menggunakan daging ayam atau daging babi. Namun, Chef Wong berkreasi menggunakan bahan dasar jamur, terong dan telor asin, kemudian diubah menjadi menu dim sum yang lezat.
Terdapat 10 menu dim sum andalan Chef Wong di Shang Palace, di antaranya 8 menu utama yaitu Steamed Mushroom Dumpling with Light Oyster Sauce, Deep Fried Ebi and Pork Sausage with Glutinous Rice and Spring Onion, Deep Fried Egg Plant with Fish Paste in Thai Chilli Sauce, Steamed Salted Egg and Custard Powder with Bamboo Charcoal, Steamed Chicken with Green Chili and Basil, Steamed Chicken Wing with Glass Noodle, Deep Fried Prawn  Salad, dan Steamed Spicy Beef Siu Mai with Onion serta 2 menu pencuci mulut yaitu Chinese Cotton Cake dan Mango Rice Noodles.

Ke-10 menu tersebut menu asli hasil kreasi Chef Wong. Beliau ingin memberikan rasa baru bagi para pecinta dimsum, termasuk bagi para vegetarian. Dengan menggunakan bahan dasar yang mudah didapat, mampu menghasilkan dim sum dengan rasa yang lezat dan penampilan cantik berwarna-warni yang merupakan warna dari bahan dasarnya tersebut sendiri.

Semua menu dim sum ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp19.800++ sampai Rp38.000++ per porsi di Restoran Shang Palace yang berlokasi di lantai 1 Shangri-La Hotel, Surabaya.

Selain itu, Chef Wong juga mempersiapkan Dim Sum Set yang terdiri dari Congee with Sliced Abalone and Peanuts, Mixed Siu Mai. Fried Rice with Chicken and Fish Bean Curd Skin beserta Kiwi Rice Noodles sebagai makanan penutupnya. Dim Sum Set ini dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp118.000++ per orang.

           

Chef Wong memulai karirnya sebagai Kitchen Helper di sebuah restoran di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 1995, kemudian mulai mendalami menu dim sum saat bertugas menjadi Assistant Dim Sum Chef di salah satu restoran yang juga terdapat di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain Malaysia, Chef Wong juga sempat berkarir selama 4 tahun sebagai Dim Sum Chef di restoran di Dubai, Uni Emirat Arab. Tepat sebelum bergabung dengan Shangri-La Hotel Surabaya, Chef Wong merupakan Dim Sum Chef di sebuah restoran di Selangor, Malaysia. Selain ahli dalam membuat dim sum, Chef Wong juga menguasai 4 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Kanton, Mandarin dan Melayu.

Shangri-La Hotels and Resorts adalah jaringan internasional berbasis di Hong Kong yang saat ini menangani 76 properti yang bernaung di bawah nama Shangri-La dan Traders dengan total kamar berjumlah sebanyak 33,000 buah. Shangri-La hotel adalah property bintang lima mewah yang menawarkan fasilitas serta pelayanan eksklusif yang berlokasi di Australia, Kanada, daratan Cina, Kepulauan Fiji, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Kepulauan Maladewa, Filipina, Singapura, Kesultanan

Oman, Taiwan, Thailand dan the Uni Emirat Arab. Saat ini jaringan Shangri-La Hotels and Resorts memiliki lebih dari 40 proyek dalam pembangunan yang tersebar di Austria, Kanada, daratan Cina, Perancis, India, Macau, Malaysia, Filipina, Republik Mongolia, Rusia, Qatar, Seychelles, Turki dan Kerajaaan Inggris.