Traveling ke Lombok melalui Wego

2
1378


Jakarta, 21 November 2012 – Tren pencarian informasi tiket pesawat dan hotel di Lombok melalui situs pencari Wego.com meningkat tahun ini. Secara global, sepanjang Januari – September 2012 terdapat pertumbuhan 41% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan paling pesat berasal dari Amerika Serikat. Satu dari lima pencarian tersebut diakses oleh pengguna Wego di Amerika Serikat.

Tren ini seirama dengan peningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Lombok pada semester pertama tahun 2012. Data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat mencatat, jumlah wisatawan ke Lombok meningkat 36% pada semester pertama 2012 dibandingkan dengan semester pertama 2011. Jumlah wisatawan ke Lombok pada Januari – Juni 2012 tercatat hampir 500 ribu. Sehingga, tampaknya target Visit Lombok Sumbawa mencapai 1 juta kunjungan tak akan sulit dicapai mengingat jumlah kunjungan semester ke dua selalu naik.

Dilihat dari angka kunjungan, jumlah wisatawan lokal masih dominan. Namun, jumlah wisatawan asing meningkat 47% pada semester tersebut dibandingkan tahun lalu. Kecenderungan ini juga terbaca di situs pencari Wego.com.

Pada Januari – September 2012, lebih dari setengah pengguna Wego di 52 negara yang mencari informasi tiket pesawat ke Lombok, mengakses informasi ini dari Indonesia melalui Wego.co.id. Lainnya,  diakses dari luar negeri, seperti melalui Amerika Serikat, Singapura, Australia, dan Malaysia. Yang paling mengejutkan, jumlah pencarian dari Amerika Serikat melonjak menjadi 20% dari total pencarian global. “Kami melihat adanya tren pencarian berbagai destinasi baru di Indonesia, baik oleh wisatawan lokal ataupun asing,” jelas Graham Hills, Managing Director Wego Indonesia.

Hills mengatakan, “Bali mungkin masih yang paling banyak dicari, tapi Lombok pun makin populer seiring dengan makin mudahnya masyarakat mengakses informasi mengenai Lombok secara online. Bisa diperkirakan, faktor ini dapat meningkatkan angka kunjungan ke Lombok. “Pada masa mendatang, lanjut Hills, destinasi menarik seperti Padang, Wakatobi ataupun Manado juga bisa menjadi destinasi populer di Indonesia. “Ketiga destinasi itu juga akan menjadi fokus pencarian online para traveler,” tambahnya.

Maskapai Penerbangan Favorit

Lion Air masih menjadi penerbangan favorit menuju Lombok sepanjang tahun ini. Mulai Januari-September 2012, sebanyak 57% pengguna Wego di Indonesia yang pergi ke Lombok memilih Lion Air.  Adapun Garuda Indonesia dipilih oleh satu dari lima orang yang mengakses Wego.co.id untuk merencanakan perjalanan mereka ke Lombok. Dan, hampir 15% yang lain menggunakan Batavia Air. Kota keberangkatan populer masih di Jakarta dan Surabaya.

Adapun pengguna Wego di luar negeri yang ingin pergi ke Lombok juga familiar dengan Lion Air. Sebanyak satu dari tiga di antaranya memilih Lion Air pada Januari-September 2012. Lainnya, hampir 29% menggunakan Garuda Indonesia, 6% menggunakan Singapore Airlines, dan 6% menggunakan Batavia Air. 

Yang menarik, seiring dibukanya  rute baru Air Asia Kuala Lumpur- Lombok dengan penerbangan perdana pada 12 Oktober 2012, terjadi lonjakan pemesanan tiket pesawat ini melalui Wego. Hampir 5% total pengguna Wego di luar negeri yang akan pergi ke Lombok, memilih Air Asia pada September 2012.

“Akses ke Lombok makin mudah dengan rute baru tersebut. Dibukanya Bandara Internasional Lombok juga mendukung pertumbuhan industri perhotelan di Lombok dan pada akhirnya bisa meningkatkan jumlah wisatawan,” kata Hills.

Industri perhotelan di Lombok memang bergeliat. Tahun 2012 saja tercatat penambahan 40 unit hotel berbintang dengan total kamar mencapai 2.453 unit. Jumlah pencarian hotel di Lombok melalui situs pencari Wego juga meningkat 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Kebanyakan berasal dari Jakarta (53%) dan Surabaya yang mencapai hampir 10% dari total pencarian.

Berikut ini lima hotel terfavorit bagi pengguna Wego di Indonesia: Santosa Villad and Resort,  Novotel Lombok Hotel, Bidadari Hotel, Kuta Indah Hotel, dan Puri Mas Boutique Resorts & Spa

Jumlah pencarian hotel di Lombok oleh pengguna Wego di luar Indonesia juga mengalami peningkatan. Yang terbanyak berasal dari Singapura, Australia dan Amerika Serikat. Wego sendiri menyediakan fitur menarik terkait pilihan wisatawan mengenai hotel. Pada Wgo.co.id, wisatawan bisa melihat hotel di Bali yang menjadi favorit traveler asal Australia ataupun Jerman, misalnya, yang mungkin akan berbeda dengan pilihan wisatawan nusantara.

Tentang Wego

Wego.com merupakan situs pencari yang memimpin pasar Asia Pasifik, Timur Tengah dan Amerika Utara. Saat ini Wego.com beroperasi di lebih 50 negara di seluruh dunia dan digunakan jutaan wisawatan untuk menghemat waktu dan biaya mereka, sesuai dengan misi Wego.com: save time, pay less and travel more.
Wego.com menyediakan perangkat canggih yang mudah digunakan untuk traveler melakukan riset info perjalanan, membandingkan harga sekaligus melakukan pemesanan secara online. Semua data mengenai informasi tersebut disediakan Wego secara objektif kepada pengguna Selain itu Wego juga menyediakan ragam alternatif pemesanan online,  sehingga pengguna bisa langsung  memesan di situs hotel ataupun maskapai penerbangan, atau melalui  situs agregat lainnya. Pada kuartal ketiga 2012,Wego telah mereferensikan  pesawat dan hotel para mitra bisnis Wego kepada pengguna dengan nilai total potensi transaksi mencapai $1,2 milyar.

Wego.com didirikan pada 2005 oleh para mantan eksekutif Yahoo!, Intercontinental Hotels Groups, Priceline dan ZUJI dengan  penanam modal antara lain Tiger Global Management, News Digital Media dan OWW Capital Partners. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.wego.com/about

2 COMMENTS

  1. Do you mind if I quote a couple of your posts as long
    as I provide credit and sources back to your blog? My blog site is in the exact same area of interest as
    yours and my users would really benefit from a lot of the information you
    present here. Please let me know if this okay with you. Regards!

Comments are closed.