Indonesia Aku Bangga

0
757

Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia: Membangun Karakter, Kreativitas dan Solidaritas


Jakarta, 6 November 2012. Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh secara resmi membuka Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia (KKPI), perhelatan pertemuan pemuda seluruh Indonesia yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama tokoh-tokoh pemuda sebagai momentum kebangkitan pemuda untuk mengambil peran dalam gerakan kebudayaan, kongres diharapkan menjadi tonggak kebangkitan pemuda dalam pembangunan kebudayaan dan pembangunan bangsa pada umumnya.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudyaan Wiendu Nuryanti serta Ketua Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia (KKPI 2012) Marcella Zalianty memukul gong tanda secara resmi membuka perhelatan Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia (KKPI 2012).

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraa Rakyat Agung Laksono menyampaikan, “KKPI yang digelar pertama kali ini mengusung tema dan semboyan “Indonesia Aku Bangga, Membangun Karakter, Kreativitas dan Solidaritas, dan bertujuan untuk membangun visi dan langkah bersama dan terpadu dalam memperkuat posisi kebudayaan sebagai panglima dalam pembangunan Indonesia baru ini, sejatinya ingin menjadikan pemuda sebagai pilar dan agen pembangunan bidang kebudayaan yang kreatif, handal dan memiliki integritas dalam memajukan peradaban bangsa Indonesia.” Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam sambutan pembukaan atas nama Pemerintah, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pemuda yang telah terpilih hadir dalam kesempatan ini, atas segala karya, sumbangsih pemikiran, kepedulian serta perhatian yang diberikan dalam menumbuhkembangkan kebudayaan.
Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia diselenggarakan pada tanggal 6-9 November 2012 di Hotel Borobudur Jakarta dan beberapa lokasi lainnya. Kongres akan menghadirkan narasumber-narasumber serta inspirator yang kompeten di bidangnya yakni: Gede Prama, Firmansyah, Sukesti Martono, Arie Soejito, Edo Kondologit, Innayah Wahid, Nila Riwut, Viky Sianipar, Carmanita, Eko Supriyanto, Dinan Fariz, Supadma Rudana, Saptuari Sugiharto, Ario Sagantoro, Didi Kwartanada, Suryadin Laoddang, Johannes Marbun, Hamah Sagrim. Agenda KKPI akan difasilitasi oleh moderator Charles Bonar Sirait, Yudi Latief, Sinta Ridwan dan Radhar Panca Dahana.
Disamping kegiatan kongres sebagai agenda utama kegiatan juga dilaksanakan Pameran/gelar karya prestasi pemuda Indonesia, yang menampilkan karya-karya kreatif anak bangsa di berbagai bidang serta pementasan kesenian berupa Konser Tembang Negeriku, sebuah komposisi istimewa persembahan Dwiki Dharmawan dan pentas seni budaya yang melibatkan 63 musisi orkestra, 19 musisi etnik nusantara, 33 paduan suara, 45 penari serta menampilkan soloist Putri Ayu, Michael So’e, Angel Pieters, Wildan Angklung, Jemek Supardi dan Taufik Ismail.
Pemuda-pemudi berprestasi ikut berpartisipasi dalam Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia, diperkenalkan saat acara Pembukaan KKPI 2012 di hotel Borobudur,  Selasa malam, 6 November 2012 di Jakarta.

Working group akan dilakukan secara paralel di beberapa museum besar di Jakarta, yaitu; Museum Nasional, Museum Kebangkitan Nasional dan Galleri Nasional guna membahas rencana aksi untuk masing-masing sub tema sekaligus juga mengenalkan kekayaan Indonesia melalui museum sebagai tempat penyelenggaraan kongres. Dalam agenda ini juga dilaksanakan program lawatan budaya atau cultural visit untuk mengenalkan pemuda-Pemuda Indonesia potensi budaya yang begitu adilihung yang tersaji di kawasan Kota Tua Jakarta. Kunjungan akan diakhiri dengana agenda aksi dan kreativitas pemuda Indonesia di Museum Bank Mandiri.
Untuk menginspirasi pemuda-pemuda Indonesia, KKPI mengagendakan program Nonton Bareng Film Inspiratif. Beberapa film yang ditayangkan adalah Lewat Djam Malam, premier Atambua 390C dan Batas, yang didahului dengan diskusi dengan film maker. Dalam penutupan diagendakan dapat tergali visi dan networking yang dikukuhkan melalui ikrar budaya pemuda sebagai wujud komitmen pemuda dalam pembangunan kebudayaan Indonesia.
Salam Pemuda Budaya!

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memberikan penjelasan saat Press Conference Pembukaan KKPI 2012 didampingi oleh Wakil Menteri Dikbud Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, Ketua KKPI 2012 Marcella Zalanty serta 2 perwakilan Pemuda Berprestasi yaitu Cicilia Maharani dari Yogyakarta dan Adhyatmika dari Jakarta.