Sumpah Pemuda ala Coca Cola

0
724

Sekitar 50 mahasiswa Universitas Medan Area dan masyarakat sekitar Pantai Cermin, Serdang Bedagai, bersama-sama membersihkan pesisir pantai sejauh 500 kilometer sebagai bentuk aksi pemuda peduli pada hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2012.

Medan, 28 Oktober 2012 – Memperingati hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2012, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Northern Sumatera mengadakan acara aksi bersih Pantai Cermin di Kabupaten Serdang Bedagai. Acara ini dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa dan manajemen FISIPOL Universitas Medan Area (UMA) serta masyarakat sekitar pantai. Kegiatan ini juga dibuka oleh Ketua Pengelola Pantai Cermin Bapak Sofyan mewakili Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagei Kecamatan Pantai Cermin. Aksi bersih pantai dipilih sebagai salah satu gerakan perubahan untuk mengajak anak muda dan masyarakat menunjukkan kepedulian mereka terhadap pelestarian lingkungan. 
Program bersih pantai ini dikemas dalam rangkaian kegiatan membersihkan Pantai Cermin. Sekitar 50 mahasiswa UMA dan masyarakat sekitar pantai bersama-sama membersihkan pesisir pantai sejauh 500 kilometer. Setiap grup bertugas menyisir area pantai dengan membawa peralatan dan karung goni untuk menampung sampah. Pantai yang terkenal sebagai salah satu objek wisata ini memang memiliki sampah yang bervariasi seperti sampah plastik dan jajanan, dedaun sampai sampah berat seperti kayu-kayuan. Untuk itu peserta diwajibkan memilah sampah berdasarkan jenis organik dan anorganik.
Program yang mengusung tema “Let’s Keep Our Environment Clean” ini tidak hanya berisi aktivitas membersihkan pantai, namun juga melakukan edukasi dan himbauan kepada masyarakat sekitar pantai dan juga pedagang untuk menjaga lingkungan. “CCAI juga memberikan tong sampah sebagai salah satu himbauan agar pedagang tidak membuang sampah di pantai, dan mengedukasi pengunjung untuk menjaga kebersihan,” kata Wanda Harahap, National Corporate Affairs Manager CCAI.
Pilar ‘Environment’ atau Lingkungan memang merupakan salah satu pilar kunci dalam menjalankan program CSR di CCAI. “Aksi bersih pantai dan edukasi untuk menjaga kebersihan ini dipilih sebagai salah satu realisasi program CSR CCAI di bidang lingkungan sekaligus mengajak anak muda melakukan perubahan yang baik di hari Sumpah Pemuda ini. CCAI ingin terus mengajak anak muda melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” tambah Wanda.
Kalimat “Bersih itu aku, kamu dan lingkungan kita” terus ditanamkan pada seluruh peserta aksi bersih Pantai Cermin. Antusiasme mahasiswa dan masyarakat terlihat dengan berhasil dikumpulkannya 30 karung sampah . “Kami bersemangat bekerjasama dengan CCAI dalam kegiatan ini. Kami ingin menanamkan kepada anak didik kami agar memberikan kontribusi bagi lingkungan mereka. Momen Sumpah Pemuda adalah momen yang tepat untuk melakukan hal tersebut,” kata Ibu Rehia K.I.Barus, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipol UMA.
Selain aksi bersih di Pantai Cermin, CCAI juga melakukan aksi bersih di lingkungan sekitar pabrik di Medan, aksi bersih dan tanam pohon di sekitar Sungai Deli, aksi bersih kampus, dan juga aksi bersih di hampir seluruh wilayah operasi CCAI terutama pada 5 pantai di Bali yang menjadi tujuan pariwisata lokal dan internasional. Dengan terus menjaga kebersihan pantai, kita dapat menjaga kelestarian lingkungan dan juga meningkatkan jumlah pengunjung pantai sebagai salah satu tujuan wisata.
Dengan aksi bersih ini, CCAI berharap dapat terus memberikan pesan kepada masyarakat dan generasi muda untuk terus menjaga kelestarian lingkungan dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Hasilnya bukan hanya untuk sebagian orang, melainkan untuk keberlangsungan hidup manusia, kita semua.