Mesin Audi 2.0 TFSI pada IIMS

1
619

Jakarta, 20 September 2012 – Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini bagi Audi merupakan momen yang spesial karena akan didominasi model-model yang telah mengusung mesin terbaiknya yang lebih efisien dan lebih bertenaga yaitu mesin Audi 2.0 TFSI berkapasitas 2.000 CC yang telah meraih penghargaan Engine of the Year. 
Mesin baru empat silinder Audi 2.0 TFSI bekerja menggunakan sistem bukaan katup (valvelift) yang variatif sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 211 hp dengan torsi maksimum sebesar 350 Nm dan berakselerasi secepat 6,1 detik dari posisi diam hingga mencapai 100 km/jam serta memiliki top speed hingga mencapai 245 km/jam. Menariknya untuk mesin terbaru yang lebih efisien ini, konsumsi bensinnya hanya menghabiskan 6,6 liter untuk jarak sejauh 100 km dan lebih irit 1,1 liter dibandingkan mesin terdahulunya.
Kecanggihan mesin Audi 2.0 TFSI tersebut telah mendapatkan penghargaan sebagai Engine of the Year selama lima tahun berturut-turut semenjak tahun 2005. Mesin ini merupakan bagian dari jajaran model mesin Audi berkode 888 yang telah diperkenalkan semenjak tahun 2007 atau lebih dikenal dengan “Global Engine”. Model mesin Audi 2.0 TFSI ini memiliki kemampuan untuk disematkan kedalam semua jenis model mobil Audi dan diproduksi hampir di seluruh fasilitas pabrik Audi seluruh dunia seperti Gyor (Hungaria), Shanghai dan Dalian (China) dan dibeberapa lokasi lainnya.
Mesin Audi berkode 888 tersebut memiliki filosofi walaupun menurunkan kapasitas mesinnya tetapi sebaliknya justru malah meningkatkan kemampuan mesin tersebut karena semua mesin Audi memiliki ukuran yang lebih kompak dan mengaplikasikan bahan ringan. Perolehan angka tenaga dan torsi sebesar itu sebelumnya hanya bisa diperoleh dari jenis mesin Audi yang menggunakan 6 silinder pada beberapa tahun lalu. Kali ini mesin Audi 2.0 TFSI sekaligus mampu menekan konsumsi bahan bakar dan sesuai dengan standar emisi ketat yang berlaku. 
Dengan segala keunggulannya, mesin empat silinder Audi 2.0 TFSI ini juga mampu berkerjasama dengan sistem motor listrik pada model Audi A8 hybrid sekaligus akan menjadi proyeksi masa depan pada model Audi Q5 hybrid juga nantinya.
Sementara itu, pada Juni 2012 yang lalu sekelompok juri sebanyak 76 jurnalis automotif dari seluruh dunia memilih mesin Audi 2.5 liter TFSI sebagai “International Engine of the Year” untuk kategori mesin berkapasitas 2.0 hingga 2.5 liter. Mesin ini berhasil mempertahankan penghargaan tersebut selama tiga tahun berturut-turut (2010-2012).
Unit mesin 2.5 liter tersebut memiliki kecanggihan pada turbocharging dan direct injection yang merupakan 2 kecanggihan utama Audi miliki. 2 hal tersebut memantapkan Audi memperoleh kemenangan. Para juri International Engine of the Year mengatakan bahwa mesin 2.5 liter Audi tersebut memiliki rentang torsi yang sangat baik dengan menghasilkan suara yang baik pula. Sebuah mesin yang benar-benar menarik perhatian.
Mesin dengan kapasitas sebesar 2.480 cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 360 hp pada kisaran antara 5.500 rpm dan 6.700 rpm. Sementara untuk torsi tertingginya adalah 465 Nm yang dicapai pada rentang 1.650 rpm dan 5.400 rpm dan akselerasi mobil dari 0 sampai 100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 4,1 detik. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai adalah 280 km/jam.
Kemenangan ini adalah kemenangan kedelapan berturut-turut untuk kategori yang sama dalam ajang penghargaan International Engine of the Year yang diperoleh teknologi mesin TFSI milik Audi tersebut. Antara tahun 2005 hingga 2009, mesin Audi TFSI berkapasitas 2.0 liter telah memenangkan penghargaan untuk kategori 1.8 liter – 2.0 liter.
“Perolehan prestasi tertinggi tersebut terhadap mesin canggih Audi telah membuat kami sangat bangga memperkenalkan lini jajaran mobil-mobil Audi pada ajang IIMS kali ini yang telah didominasi oleh mesin luar biasa dari Audi 2.0 TFSI,” komentar Andrew Nasuri, CEO PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi di Indonesia.
“Kepuasan konsumen adalah tujuan utama kami. Audi Indonesia memiliki komitmen untuk  memberikan layanan purna jual terbaik bagi mereka. Seluruh pemilik Audi akan mendapatkan layanan Audi Extended Warranty dan Free Service selama 3 tahun atau 90.000 km  (jasa dan suku cadang) di diler-diler Audi. Hal ini bertujuan memberikan rasa tenteram dan nyaman yang personal bagi semua pemilik Audi,” tambah Andrew.  

1 COMMENT

Comments are closed.