Festival Wirausaha Kreatif

0
604

  • Kolaborasi Institut Kesenian Jakarta – International Design School Pasca Sarjana
  • Menghadirkan Para Ahli serta Pelaku Industri Kreatif di Indonesia untuk Berbagi Bekal Pengetahuan dan Pengalaman
  • Mendukung Pertumbuhan Start-Ups dan Perkembangan Wirausaha Kreatif di Indonesia

INSTITUT Kesenian Jakarta Pasca Sarjana berkolaborasi dengan IDS | International Design School Pasca Sarjana menggelar Festival Wirausaha Kreatif, yang merupakan ajang pameran karya mahasiswa S2 Wirausaha Kreatif yakni sebuah program berbisnis ekonomi secara kreatif yang digalakan oleh Institut Kesenian Jakarta dan IDS | International Design School, sebuah institusi pendidikan di bidang komunikasi visual. Acara yang akan berlangsung selama sepekan, 3 – 8 September 2012 di Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73.

Pendiri IDS | International Design School, yang juga merupakan Direktur Ideosource Venture Capital Agency, Bapak Andi S. Boediman,  mengatakan, “Jumlah wirausaha di Indonesia melonjak dari 0,24 persen pada 2009 menjadi 1,56 persen pada Januari 2012. Namun, jumlah ini harus terus ditingkatkan pada jumlah ideal, yakni dua persen dari total jumlah penduduk Tanah Air, karena wirausaha yang akan menjadi penggerak pembangunan dan ekonomi Indonesia. Namun Indonesia masih harus menggalakkan jiwa kewirausahaan dalam masyarakat, karena sebuah negara dikatakan memiliki perekonomian yang maju jika terdapat 2% pengusaha di negaranya”.
 “Data di atas dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik untuk mendeteksi pertumbuhan wirausaha di Indonesia. Selain itu industri kreatif yang merupakan citra dan identitas bangsa juga berperan untuk mengembangkan inovasi serta kreativitas. Dengan memanfaatkan kreativitas, ketrampilan, dan bakat dalam diri diharapkan dapat  menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan”, lebih lanjut beliau menambahkan.

DR Wagiono Sunarto M.Sc, selaku Rektor Institut Kesenian Jakarta, mengatakan, “Kami senang Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta dapat berkolaborasi dengan IDS | International Design School, dimana hal ini pula sejalan dengan misi dan visi kami yaitu mengembangkan prinsip keterbukaan, kebebasan berkarya, serta menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan akademik dan keterampilan profesional di bidang seni sebagai pelaku, pencipta, pemikir dan atau pengkaji, pengelola yang peka terhadap lingkungan dan perubahan budaya global”.

Festival Wirausaha Kreatif  memiliki tujuan untuk mendukung perkembangan industri kreatif dengan mengenalkan pengetahuan bisnis & wirausaha kepada insan kreatif. Pameran ini akan dikemas dalam rangkaian talk show dengan berbagai komunitas seperti Wujudkan.com, Web Series Indonesia, SosiShot, Kreavi.com, Gantibaju.com, Sribu.com; kuliah umum dari praktisi industri ekonomi kreatif; serta business networking. Dalam pameran tersebut pula akan dipamerkan 15 karya dari mahasiswa jurusan wirausaha kreatif mulai dari ecommerce, industri pakaian, website tutorial, sampai furnitur.
Beberapa tokoh inspiratif ekonomi kreatif yang menyampaikan kuliah umum  antara lain: Pemanfaatan Social Media dalam Berwirausaha oleh Teguh Prasetya (Pendiri Indonesian Cloud Forum dan anggota Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Memanfaatkan PR untuk Sebuah Usaha Baru, Dian Noeh Abubakar (CEO dan Founder PR Consultant Kennedy Voice & Berliner), Management Wirausaha Kreatif, Suwandi Tjia (CEO PT Surya Menara Eka dan Principal Arghajata Consulting) serta Investasi dan Pendanaan Wirausaha Kreatif oleh Andi S. Boediman (Pendiri venture capital Ideosource, Pendiri IDS | International Design School)
Institut Kesenian Jakarta berdiri dan diresmikan di Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada tanggal, 10 November 1968, bertujuan untuk menempa dan mendidik para pemuda kreatif dan berjiwa seni untuk menyongsong masa depan mereka serta menentukan masa depan kesenian di Indonesia. IKJ sendiri berada di bawah Badan Hukum Pendidikan, bekerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi kesenian, departemen dan direktorat negara, yayasan dan NGO, juga berbagai pusat kebudayaan milik negara-negara sahabat. Kerja sama itu di wujudkan dalam berbagai bentuk penelitian, festival, dan kegiatan seni lainnya baik yang bertaraf nasional maupun internasional.
IDS | International Design School adalah institusi pendidikan di bidang visual communication. Berdiri sejak tahun 2000, IDS | International Design School  menyediakan pendidikan bagi peserta yang ingin menyiapkan diri dan meningkatkan kompetensi untuk bekerja di industri advertising, graphic design house, production house, post production house, televisi dan bebagai perusahaan lain di bidang komunikasi visual. Adapun IDS | International Design School telah menelurkan mahasiswa berprestasi dalam kompetisi IDE Awards 2007 dengan tema Dolanpiade, Kompetisi Animasi Atmajaya, Festival Animasi Indonesia, Kompetisi Film UI dan Festival “World of Wayang”. IDS | International Design School sendiri berpartner strategis dengan Billy Blue College of Design Sydney, Australia.