Ibu ABC Dapur Peduli, Berbagi ke 200 Lokasi di Jakarta dan Bandung

0
736

Jakarta, 14 Agustus 2012 – Selama bulan Ramadhan 1433H, para ibu ABC Dapur Peduli 2012 akan menyebarkan semangat berbagi di lebih dari 200 lokasi di sekitar Jakarta dan Bandung dengan membagikan 100.000 paket makanan buka puasa kepada dhuafa. Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat, keduanya adalah lembaga zakat terkemuka di Indonesia, yang menentukan lokasi-lokasi kantung dhuafa yang perlu dibantu.

Beberapa lokasi yang menjadi kantung dhuafa dan telah berhasil dijangkau para ibu ABC Dapur Peduli 2012, diantaranya adalah Yayasan Yatim Piatu Raudhah Al-Aitam Cilincing, Pesantren Sadang Makar Bandung, Masjid al-Barokah Bogor, Masjid al-Atiyah Bogor, Masjid At-Taqwa Bekasi Utara, Yayasan Annuriyyah Mampang, Balai Desa Muara Tangerang, RS. Soeharto Herdjan Jakarta Barat, Lapangan Warakas Tanjung Priuk, Lapangan Kemanggisan Jakarta Barat dan lebih dari 190 kantung dhuafa lainnya.

Salah satu tempat yang menjadi lokasi kegiatan adalah Lapangan Kemanggisan di kawasan Jakarta Barat yang termasuk dalam daftar kantung dhuafa binaan Dompet Dhuafa. Puluhan ibu relawan ABC Dapur Peduli 2012 memasak bersama dan membagikan hasil masakan kepada 500 dhuafa di sekitar lokasi. Bersamaan dengan kegiatan ABC Dapur Peduli 2012 di lokasi ini, Dompet Dhuafa juga menyelenggarakan pasar murah yang menyediakan beragam sembako bersubsidi.

Hari Widyo, Human Resources Director, PT Heinz ABC Indonesia, mengatakan, “Kegiatan memasak dan berbagi makanan berbuka ini merupakan wujud nyata dari program ABC Dapur Peduli dan tetap menunjukkan bahwa ibu adalah elemen yang penting dalam pelaksanaan program ini. Program ini secara khusus memotivasi para ibu untuk berbagi kepada sesama, terutama dhuafa. Kami sangat berharap para ibu dapat terinspirasi untuk memperbesar jangkauan pemberian paket makanan berbuka di kantung-kantung dhuafa yang lain secara berdikari dengan komunitas di sekitar tempat tinggal mereka terutama di daerah-daerah yang untuk saat ini belum dapat dijangkau ABC Dapur Peduli.”
Menurut Hari Widyo, ABC Dapur Peduli menyediakan banyak cara kepada para ibu untuk turut berpartisipasi. Dari partisipasi sebagai konsumen hingga mengundang ibu-ibu turut serta berperan aktif memasak dan membagikan makanan berbuka. “Jika konsumen membeli kecap manis ABC dan/atau Sirup ABC Special Grade selama bulan Ramadhan, maka mereka sebenarnya sudah berpartisipasi dalam ABC Dapur Peduli,” tambahnya.
Ismail Agus Said, Presiden Direktur, Dompet Dhuafa, mengatakan, “Sejak mulai berpartisipasi dalam ABC Dapur Peduli pada tahun 2010 lalu, kami sudah berkomitmen untuk saling bahu membahu dengan semua pihak yang bekerja sama dalam program ABC Dapur Peduli demi meringankan beban saudara-saudara kita, sekaligus mengkomunikasikan semangat berbagi kepada semua donatur dan stakeholder kami.”
“Seperti dapat dilihat, tim kami terlibat langsung di lapangan dari tahap mencari kantung-kantung dhuafa yang sesuai hingga partisipasi aktif mengumpulkan ibu-ibu relawan ABC Dapur Peduli untuk bergotong royong memasak dan menyiapkan makanan berbuka,” katanya.
ABC Dapur Peduli adalah program amal tahunan berkelanjutan yang dipelopori oleh Heinz ABC Indonesia untuk memotivasi para ibu agar berbagi kepada dhuafa dalam berbagai macam cara.
Para ibu juga bisa berpartisipasi melalui akun facebook/abcdapurpeduli yang telah memiliki basis lebih dari 200.000 fans atau twitter @abcdapurpeduli yang telah berhasil merangkul lebih dari 4.200 followers.